Oleh humasnew on February 07, 2018

Jakarta (07/02) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memastikan bahwa penyaluran Bantuan Sosial Pangan berjalan tahun 2018 berjalan lancar. Hal ini ditegaskan Menko PMK saat memimpin Rapat Tingkat Menteri (RTM) yang membahas evaluasi penyaluran bantuan sosial pangan di Ruang Rapat Lantai I, Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu pagi. Rapat ini juga membahas rencana penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2018.“Sebagaimana yang menjadi arahan Bapak Presiden, dalam Ratas tanggal 5 Desember 2017, bahwa pertama, memastikan bahwa pelaksanaan BPNT 2017 untuk 1,2 Juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berjalan dengan baik. Kedua, perencanaan pelaksanaan BPNT 2018, agar dihitung kembali dengan cermat kesiapannya," ujar Menko PMK saat membuka RTM.

Dalam RTM ini, Menko PMK juga memaparkan hasil evaluasi penyaluran bantuan pangan di bulan Januari, antara lain bantuan beras sejahtera (rastra) dan BPNT. Sebelumnya, telah diadakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) untuk mengetahui kondisi penyaluran Bansos Pangan untuk Bulan Januari 2018 dan langkah-langkah apa yang perlu disempurnakan.“Untuk bantuan Rastra 14,2 juta KPM, ada beberapa hal yang sudah dibahas, dan masih banyak yang perlu kita lakukan evaluasi di lapangan," tambah Menko PMK.

Sebelumnya pada RTM tanggal 16 Januari 2018, telah disepakati untuk melakukan Evaluasi Penyaluran Bansos Pangan (Bansos Rastra dan BPNT) bulan Januari 2018, untuk dapat menetapkan apakah perluasan BPNT dapat dilakukan pada bulan Februari atau ditunda. Ditambahkan Menko PMK, agar penyaluran bansos Pangan pada bulan Februari berjalan dengan baik, diperlukan langkah-langkah konkrit agar pelaksanaan ini berjalan lancar.“Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Bansos Pangan bulan Februari, setiap K/L terkait agar mengambil langkah-langkah koreksi yang efektif," kata Menko PMK lagi. (*)