Oleh humas on October 11, 2019

Foto : 

  • Olivia Christine P

Sleman  (10/10) - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyelenggarakan Forum Tematik Bakohumas bertema '5 Tahun Reformasi Total Koperasi' di Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Nurhatyasiwi dan pengamat koperasi Suroto.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan keberhasilan Program Reformasi Total Koperasi kepada masyarakat. 
Sebanyak 70 orang peserta yang berasal dari humas kementerian/lembaga dan pemerintah daerah tercatat hadir. 

Di tengah era digital seperti saat ini, koperasi pun mulai menerapkan sistem berbasis teknologi. Ini adalah sebuah langkah persiapan yang dilakukan untuk menghadapi tantangan resistensi.
Untuk itulah Program Reformasi Total Koperasi dilakukan. Program ini terdiri dari 3 tahapan, yaitu reorientasi, rehabilitasi dan pengembangan. 

Reorientasi adalah mengubah paradigma pemberdayaan koperasi kepada kualitas, bukan lagi pada kuantitas koperasi. Rehabilitasi adalah pembuatan database koperasi berbasis online data system (ODS) di seluruh Indonesia sebagai dasar penyusunan program untuk pembenahan koperasi. Pada tahun 2014 jumlah koperasi mencapai 212.570 unit. Dalam perkembangannya sampai dengan tahun 2017 telah dibubarkan  sebanyak 40.013 unit koperasi dan sebanyak 19.843 unit koperasi.

Pengembangan yaitu meningkatkan kapasitas koperasi sebagai badan usaha berbasis anggota yang sehat, kuat, mandiri, dan tangguh serta setara dengan badan usaha lainnya melalui regulasi yang kondusif, perkuatan sumber daya manusia (SDM), kelembagaan, pembiayaan, pemasaran dan kemajuan teknologi. Saat ini sudah ada koperasi yang masuk bursa efek, koperasi penyalur KUR, dan koperasi yang mendirikan lembaga sertifikasi profesi (LSP) kompetensi SDM perkoperasian.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo yang juga merupakan Ketua Bakohumas Widodo Muktiyo mengatakan dalam sambutannya bahwa koperasi sudah menjadi struktur yang menguatkan ekonomi nasional. Koperasi juga sudah menjadi bagian dari perekonomian global. 

Dari pertemuan Bakohumas ini, diharapkan para humas yang hadir dapat menunjukkan keberhasilan Program Reformasi Total Koperasi sebagai satu kesuksesan bersama. 
*Magelang*
Setelah pertemuan ini, acara dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke koperasi wisata yang beroperasi di Borobudur, Magelang, yaitu Koperasi Wisata Catra Gemilang.

Kategori: 

Reporter: 

  • Olivia Christine P

Editor: 

  • Ponco Suharyanto