Oleh humas on September 24, 2019

Foto : 

  • Tri Wahyu S

Jakarta (23/9)-- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat mengenai persiapan penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 20 tahun 2020. Rapat dipimpin langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, Nyoman Shuida.

Pada tahun 2020, Provinsi Papua ditetapkan oleh Presiden RI menjadi tuan rumah PON yang ke 20. Event olahraga empat tahunan ini akan mempertandingkan 37 cabang olahraga (cabor). Cabor yang akan dipertandingkan di tahun 2020 lebih sedikit daripada PON ke 19 di Bandung. Sebanyak 44 cabor dipertandingkan di PON ke 19.

Untuk lokasi pertandingan, PON 2020 telah ditetapkan di tiga cluster dan satu sub cluster. Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Mimika menjadi lokasi utama penyelenggaran PON di Papua. Sementara Kabupaten Merauke menjadi sub cluster untuk beberapa pertandingan.

Guna memastikan kesiapan Provinsi Papua, Deputi Shuida pun telah meninjau langsung ke Jayapura melihat langsung venue-venue yang akan di pakai dalam  pertandingan. “Kita baru pulang dari Papua untuk memastikan ketersediaan akomodasi yang tersedia ataupun yang  kurang didalam dukungan penyelenggaran PON 2020 Papua”, tutur Shuida.

Bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat , Provinsi Papua terus menggenjot pembangunan venue-venue dan juga fasilitas pendukung lainnya. Beberapa venue dan wisma atlit telah siap digunakan untuk PON 2020.

Reporter: 

  • Tri Wahyu S

Editor: 

  • Deni Adam Malik