Oleh humas2 on May 12, 2016

Jakarta (12/05) Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) 2016. Rakor yang dipimpin oleh Asisten Deputi Bidang Warisan Budaya, Pamuji Lestari ini merupakan tindak lanjut dari Rakor yang dilaksanakan pada tanggal 18 maret 2016.

Dalam pengantar rapat, Tari memaparkan bahwa kegiatan PPBI kali ini akan bersinergi dengan kegiatan expo nusantara yang dicanangkan oleh kementerian dalam negeri. “PPBI 2016 akan bersinergi dengan expo nusantara menjadi wadah bagi daerah untuk memamerkan produk budayanya” tutur Tari.  

Ia juga menambahkan bahwa PPBI 2016 akan bersinkronisasi dengan kepariwisataan untuk menarik para wisatawan. “PPBI kali ini juga akan bersinkronisasi dengan kepariwisataan. Budaya tanpa dilihat penggemar wisata maka budaya tersebut lama kelamaan akan terpuruk,” jelas Tari.

PPBI  2016 merupakan salah satu program kegiatan tahunan yang dicanangkan oleh kemenko PMK untuk melestarikan kebudayaan Indonesia dengan cara  mengadakan pergelaran produk unggulan masing-masing daerah.  Dari Rakor persiapan kali ini didapatkan kesepakatan mengenai waktu dan tempat pelaksanaan PPBI 2016 serta kegiatan apa saja yang akan diselenggarakan dalam PPBI 2016.

Hadir dalam rakor ini perwakilan dari beberapa kementerian dan lembaga terkait seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan  Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN). (Teks/Foto : Rahmatul Isnani/Tri Wahyu, Ed. DN)

Categories: