Oleh humas on March 23, 2018

Surabaya (21/03) – Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama diwakili oleh Asisten Deputi Pembinaan Umat Beragama, Pendidikan Agama dan Keagamaan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Drs. H. Sahlan, MSI membuka acara Rapat Koordinasi “Peningkatan Kualitas Guru Dilingkungan Kementerian Agama” Kerjasama Kemenko PMK RI dengan Kementerian Agama RI Rabu, (21/3) di Hotel Swiss Belinn Airport Juanda Jawa Timur.

Sahlan dalam sambutannya menyampaikan beberapa harapan kepada Kementerian Agama untuk membuat pemetaan kebutuhan guru dan standar kompetensi guru. 

Selain itu, melakukan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru, termasuk pelatihan mengajar yang disesuaikan dengan perkembangan zaman seperti pemanfaatan teknologi. Memberdayakan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Di samping itu, terus meningkatkan sarana belajar mengajar di satuan tugas pendidikan masing-masing secara professional.

Apalagi saat ini, Kementerian Agama telah membentuk Direktorat baru di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam yaitu Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah. Pembentukan Direktorat yang khusus menangani guru dan tenaga kependidikan ini mempunyai tugas untuk menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan guru, kepala madrasah dan pengawas, serta tenaga kependidian  khususnya di Madrasah.

"Saya optimis jika pembenahan-pembenahan tata kelola dan manajemen peningkatan kualitas guru tersebut di atas dilakukan dengan baik seluruh madrasah dan pondok pesantren dilingkungan Kementerian Agama akan terus mengalami kemajuan yang signifikan sesuai dengan kemajuan zamannya," tegasnya.

Rakor kali ini menghadirkan beberapa narasumber yakni Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kementerian Agama RI Prof. Dr. Suyitno, M.Ag, Direktur Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI Dr. Imam Safe'i, M.Pd. 

Acara ini juga  dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur, Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur, Kepala Seksi pada Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur, Kepala Seksi pada Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab./Kota,Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama.

Selain itu, rakor ini dikuti oleh Pengawas Madrasah/PAI di Lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur, Kepala Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Ibtidaiyah di Lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur. Para guru pada Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, madrasah ibtidaiyah, dan guru PAI di Lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur.

Categories: