Oleh humasnew on March 09, 2018

Jakarta, (8/3) - Staf Ahli Menko PMK Bidang Sustainable development Goal’s (SDGs), Ghafur Dharmaputra memandu rapat terkait Kajian SDGs mengenai Generasi Muda dan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). 

Menurut Ghafur, kajian bertujuan memberikan gambaran dan pengaplikasian SDGs dalam konteks keseharian, terutama bagi generasi muda yang akan menjadi pemangku kepentingan di masa yang akan datang. Menggunakan metodologi desk-based study, in-depth interview, dan Focus Group Discussion, diharapkan kajian dapat memberikan jawaban terkait Rencana Aksi Nasional SDGs, generasi muda, dan Revolusi Mental. 

Untuk Rencana Aksi Nasional (RAN), lanjut Ghafur, diskusi membahas hubungan Gerakan Nasional Revolusi Mental dengan SDGs. Sedangkan diskusi mengenai generasi muda berbicara tentang kondisi terkini kontribusi generasi muda Indonesia terhadap SDGs, peran generasi muda, inisiatif yang telah dilakukan pemerintah, serta tantangan yang muncul dalam melibatkan generasi muda Indonesia dengan SDGs. 

Diskusi juga membahas upaya Gerakan Nasional Revolusi Mental untuk membantu generasi muda berperan dalam mencapai tujuan SDGs. Staf Ahli Menko PMK Bidang SDGs menekankan bahwa pendekatan SDGs bukan pendekatan sektoral, melainkan integratif antara 4 pilar pembangunan: sosial, ekonomi, lingkungan, serta hukum dan tata kelola. (Sumber: SAM SDGs)