Oleh humas2 on June 20, 2016

Jakarta (20/06)--- Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, Haswan Yunaz, petang ini memberikan sambutan pada acara Pencanangan Gerakan 1000 di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta. Acara dihadiri oleh Pejabat eselon I dari Kemenko Maritim dan Sumber Daya, Kemenko Perekonomian, Kementerian Pariwisata, Bank Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif, Bupati Kepulauan Seribu yang mewakili Gubernur DKI Jakarta, pengurus Sineas Muda Indonesia, media massa, dan undangan lainnya. Acara lalu ditutup dengan buka puasa bersama.

Gerakan 1000 merupakan suatu inisiasi mengandung semangat meningkatkan daya dorong akselerasi pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Seribu, Jakarta. Gerakan 1000 adalah forum sinergitas program kerja kementerian/lembaga negara yang peduli terhadap pengembangan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata berbasis masyarakat. Gerakan ini berkeinginan pula meningkatkan daya dukung industri kreatif di Kepulauan Seribu melalui kreatifitas pembuatan film oleh anak muda. Dana pembuatan film itu nantinya akan dipergunakan untuk membangun perekonomian dan daya dukung wisata di Kepulauan Seribu.

Sejauh ini ada beberapa program sudah dilaksanakan, antara lain penandatanganan Deklarasi Gerakan 1000 oleh seluruh stakeholder yang terlibat; prosesi penyerahan rumah ikan dan adopsi karang kepada sponsor Gerakan 1000; pelaksanaan workshop 1000 foto dan film pendek di Pulau Karya; Focus Group Discussion (FGD) dan identifikasi rantai nilai sektor perikanan di Kepulauan Seribu.

Kerja gotong royong tiga Kemenko dan lembaga negara lainnya ini, menurut Haswan, dalam sambutannya merupakan hasil aktualisasi perubahan pola pikir melalui Peduli Gerakan 1000, salah satunya dengan membuat film berjudul ‘Elang.’ Film komersial ini nantinya akan tayang di bioskop seluruh tanah air pada Agustus 2016.

“Melalui film ini, diharapkan internalisasi nilai-nilai Revolusi Mental yang diaktualisasikan dalam Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, dan Gerakan Indonesia Tertib dapat tersosialisasikan pada masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di Kepulauan Seribu.”

Editor : Deni Adam Malik

Reporter/Fotografer : Siti Badriah

Categories: