Oleh humas on March 16, 2018

Jakarta (16/03)--Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK, Prof. Agus Sartono memimpin  rapat koordinasi (Rakor) tindak lanjut usulan pendirian fakultas kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Hotel Grand Mercure, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Jumat (15/3). Dalam kesempatan ini Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK didampingi oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan, Kemenko PMK, Sigit Priohutomo; dan Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi, Patdono Suwigjo.

Turut pula hadir dalam Rakor ini Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra; Rektor Undiksha, I Nyoman Jampel, beserta jajarannya; Ketua UPK FK UNS, Dr. Eti Poncorini; serta undangan lainnya. 

Sejak tahun 2009, Undiksha telah merintis pendirian Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD). Dalam prosesnya, Tim Teknis Undiksha telah mengajukan usulan dan perbaikan dokumen untuk memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku. Saat ini Undiksha masih menunggu ijinnya. Undiksha juga telah memenuhi segala persyaratan dan secara teknis telah siap untuk menyelenggarakan PSPD.

Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra mengatakan bahwa ia sangat mendukung pendirian fakultas kedokteran di Undiksha. Saat ini usulannya Fakultas Kedokteran, dulu 2009 awalnya memang prodi. Wakil Bupati Buleleng juga ingin menjadikan sektor pendidikan sebagai keunggulan Buleleng.

Agus Sartono selaku Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK menyampaikan dukungannya bagi pendirian PSPD di Undiksha. Menurutnya, pendirian PSPD sangat sejalan dengan program pembangunan manusia. Pendirian PSPD akan meningkatkan akses pendidikan tinggi untuk menghasilkan SDM berkualitas (berpendidikan tinggi dan memiliki kompetensi). Lulusan PSPD akan berkontribusi pada pembangunan manusia khususnya peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui pelayanan kesehatan. Dapat dikatakan bahwa Undiksha dan Kabupaten Buleleng telah menyiapkan SDM dan Infrastruktur sebagai syarat pendirian PSPD. Persyaratan itu terkait, kurikulum dan ketersediaan SDM Dosen di Undiksha; Kesiapan Tenaga Dokter;  Sarana dan Prasarana yang sudah lebih baik; dan juga sudah terdapat rumah sakit type B atau setara bintang lima sebagai tempat magang.

Categories: