Oleh humas on November 26, 2015

Wakatobi (26/11) - “Membangun Perekonomian yang selaras dengan budaya bangsa, merupakan salah satu pilar dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian”. Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat membuka secara resmi Wakatobi Wonderful Festival dan Expo (Wakatobi Wave) 2015, di Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (26/11). Sebelum membuka acara, Menko PMK sempat mengunjungi Sombu Diving Site, Dermaga kapal pesiar, dan Proyek pembangunan PLTU.

Menurut Menko PMK, Pemerintah Pusat telah menetapkan Wakatobi sebagai salah satu dari 10 prioritas destinasi wisata baru yang akan dikembangkan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru kawasan. Hal ini menunjukan bahwa kedepan Pemerintah telah berkomitmen untuk mengarahkan kebijakan, program, dan kegiatan pengembangan wisata di Wakatobi.

Oleh karena itu, kedepan diperlukan semangat yang sama dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Masyarakat untuk membangun Wakatobi sebagai daerah wisata unggulan, yang pada gilirannya akan menjadi roda perekonomian kawasan yang akan memberikan dampak bagi kesejahteraan rakyat

Bentuk nyata komitmen pemerintah untuk melaksanakan pembangunan pariwisata di Wakatobi adalah penyelenggaraan 'Wakatobi Wonderful Festival and Expo 2015'. Pembangunan ini tentunya selaras dengan pembanunan nasional dalam memperkuat jatidiri sebagai Negara maritim. Sebagai bentuk pembangunan ekonomi berbasis kemaritiman dan juga sekaligus pembangunan manusia dan kebudayaan, penyelenggaraan 'Wakatobi Wonderful Festival and Expo 2015' dinilai tepat dan stretegis.

Sebab, lanjut Menko PMK, budaya masyarakat bahari memiliki karakter egaliter, berfikiran terbuka, mandiri, pekerja keras dan memiliki rasa persaudaraan yang kuat. Masyarakat Wakatobi berurat akar dari tradisi dan budaya tersebut. Sehingga pembangunan wisata berbasis budaya bahari tersebut, juga akan memperkuat karakter masyarakat bahari itu sendiri. “Dan kunci yang terpenting untuk membangun tersebut adalah rasa percaya diri. Inilah semangat Revolusi Mental. Semangat Percaya Diri atas Potensi yang kita miliki”,  tegas Menko PMK. Untuk itu, perlu menjebol segala cara berpikir, cara kerja dan cara hidup yang menghalangi dan menghambat pembangunan nasional, serta membangun cara pikir, cara kerja, dan cara hidup untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Turut hadir dalam pembukaan Wakatobi Wonderful Festival and Expo 2015, Deputi Kementerian Pariwisata, Kapolda Sulawesi Tenggara, Ketua dan Anggota DPRD Sultra, Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, Ketua dan Anggota DPRD Wakatobi, unsur SKPD Pemprov. Sultra dan Pemkab Wakatobi, Kodim 1413 Buton dan Sultan Buton. Pada kesempatan itu Menko PMK dianugerahi gelar bangsawan “Wa Ode Puan Maharani” oleh Sulton Buton ke 40.

Categories: