Oleh humas on April 18, 2018

Siaran Pers Nomor: 083/Humas PMK/IV/2018
Menko PMK: Perluasan BPNT akan Disalurkan April dan Mei 2018
Jakarta (18/04) – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) terkait dengan persiapan perluasan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2018. Rakor dipimpin langsung oleh Menko PMK, Puan Maharani.
Menurut Menko PMK, saat ini Pemerintah sedang mematangkan persiapan perluasan penyaluran BPNT, namun sebelum itu harus dapat memastikan bahwa pelaksanaan penyaluran BPNT tahun 2017 kepada 1,2 juta keluarga penerima manfaat (KPM) berjalan dengan baik dan perencanaan untuk penyaluran tahun 2018 dilakukan secara cermat.
“Adapun RTM pada hari ini untuk memastikan perluasan BPNT tahun 2018 yang diawali kesiapan perluasan BPNT Tahap 1 bulan April 2018 yang akan ditransfer ke rekening KPM tanggal 25 April 2018, serta difokuskan pada penetapan perluasan BPNT Tahap 2 yang masih dikaji.” terang Menko PMK.
Menurut Menko PMK, perluasan BPNT Tahap 1 akan menambah sebanyak 2 juta KPM di 24 kabupaten/kota. Jadi total penyaluran BPNT setelah adanya perluasan penyaluran tahap 1 sebanyak 3,2 juta KPM di 68 Kabupaten/Kota.  “Sementara itu, terkait dengan perluasan BPNT tahap 2 dengan menambah 2,2 juta KPM di 34 kabupaten masih dalam tahap pengkajian karena  ada isu yang belum selesai seperti kesiapan e-Warong .” tambahnya. Sedangkan daerah yang belum termasuk perluasan BPNT akan tetap mendapatkan Bansos Rastra seperti biasa. Jumlah keseluruhan penerima Bansos Pangan (Bansos Rastra dan BPNT) adalah 15,5 juta KPM.
RTM yang dilaksanakan di Ruang Rapat Menko Lantai 1 dihadiri oleh Menteri Sosial Idrus Marhan, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widyanto, perwakilan Kemenko Perekonomian, Kemendagri, Kemen PPN/Bappenas, Kemen BUMN, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Perum Bulog, serta seluruh bank anggota Himbara.
*******************
*Bagian Humas dan Perpustakaan*,
*Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan*
*roinfohumas@kemenkopmk.go.id*
*www.kemenkopmk.go.id*
*Twitter@kemenkopmk*
*IG : kemenko_pmk*