Oleh humasnew on May 28, 2018

Jakarta (28/5)—Seskemenko PMK Y. B Satyasanugraha memimpin rapat sosialisasi reformasi birokrasi dan penyusunan anggaran 2019 di Gedung Heritage Kemenko PMK, Jakarta, pagi ini. Seskemenko menjelaskan bahwa Latar belakang penerapan reformasi birokrasi adalah rendahnya pelayanan publik, birokrasi tidak efektif, korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), rendahnya keterbukaan informasi publik dan kurangnya disiplin aparatur pemerintah merupakan dasar keputusan pelaksanaan RB.

Di Kemenko PMK, tambahnya, pelaksanaan reformasi birokrasi bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan aparatur berintegritas tinggi, produktif, dan melayani secara prima dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik. Sasarannya adalah Terwujudnya aparat Kemenko PMK yang Berkinerja Tinggi, Berintegritas, dan Melayani secara Prima dengan birokrasi yang profesional, akuntabel, dan transparan, sehingga Kemenko PMK memperoleh kepecayaan publik.

Untuk mencapai sasaran RB Kemenko PMK tersebut ada 3-nilai Utama yang harus dilaksanakan adalah: Disiplin dalam aspek presensi, waktu, metodologi, regulasi, indikator dan prestasi kerja, sehingga kinerja meningkat, Tulus dalam melayani,publik eksternal maupun domestik internal, sehingga terwujud pelayanan prima dan Jujur dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari, sehingga penyimpangan dapat diminimalkan.

Pelaksanaan reformasi birokrasi Kemenko PMK sejak tahun 2015 telah banyak memberikan kemajuan seperti pelaksanaan lelang jabatan struktural Eselon I dan II, pelaksanaan rekrutmen CPNS secara online dan seleksi menggunakan system CAT, pencanangan zona integritas, pencapaian nilai LAKIP yang berada pada kategori Baik, serta penggunaan e-goverment telah dilakukan dalam pelaksanaan manajemen pemerintahan.

“Kemajuan tersebut tidak lepas dari peran dan keterlibatan Bapak dan Ibu sekalian dalam mendorong percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi di Kemenko PMK, ” ujar Seskemenko.

Pada kesempatan kali ini, Kementerian PANRB telah menyampaikan hasil evaluasi atas pelaksanaan SAKIP dan Reformasi Birokrasi Kemenko PMK 2017, yaitu : Nilai SAKIP Kemenko PMK Tahun 2017 adalah 70,18 atau predikat BB. Nilai SAKIP Kemenko PMK 2017 mengalami penurunan sebesar 0,38 dari nilai 70,56 pada tahun 2016. Sedangkan, Nilai pelaksanaan RB Kemenko PMK tahun 2017 adalah 70,35 atau predikat BB. Nilai RB Kemenko PMK tahun 2017 mengalami kenaikan sebesar 2,63 dari nilai 67,72 pada tahun 2016.

Di akhir arahannya Seskemenko berpesan untuk selalu melakukan perubahan kearah yang lebih baik lagi.

“Motivasi untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik,  akan terus diberikan kepada seluruh pegawai Kemenko PMK agar keberhasilan reformasi birokrasi dapat terlaksana dengan hasil yang lebih baik,” harap Seskemenko.

Rapat sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkup Kemenko PMK.

Tipe Kegiatan: