Berita dan Artikel

Oleh humas on March 09, 2020

Jakarta (9/3) -- Pemerintah memandang perlu meninjau kembali Surat Keputusan Bersama Tiga menteri yakni Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Raformasi Birokrasi (Menpan RB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020. 

Oleh humas on March 06, 2020

Jakarta (5/3) -- Keseriusan pemerintah dalam upaya merevitalisasi atau menyempurnakan program bimbingan perkawinan (bimwin) dibuktikan antara lain melalui pembangunan situs web bimwim guna memperluas informasi seputar perkawinan secara daring.

Oleh humas on March 06, 2020

Jakarta (5/3) -- Pemerintah saat ini tengah berupaya mewujudkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk mewujudkan Indonesia maju. Hal tersebut sesuai dengan visi besar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong-royong.

Oleh humas on March 06, 2020

Jakarta (5/3) -- Jelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) tahun 2020 di Papua, Oktober mendatang, berbagai persiapan makin dimatangkan. Sejauh ini, pemerintah terus berkoordinasi guna memastikan seluruh persiapan rampung sesuai waktu yang ditentukan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy secara detail mengungkapkan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) telah membangun 80 persen dari venue yang akan tersedia.

Oleh humas on March 04, 2020

Jakarta (4/3) -- Pemerintah terus berkomitmen dalam melayani dan melindungi Pekerja Migran Indonesia (PMI), mulai sejak sebelum bekerja, selama bekerja, dan setelah bekerja sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) No. 18/2017 tentang Pelindungan PMI.

Oleh humas on March 04, 2020

Jakarta (4/3) – Beberapa waktu lalu tepatnya pada 10 Februari 2020 pemerintah telah menetapkan perubahan skema penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) langsung ke rekening sekolah. Sebelumnya pemerintah pusat rutin mengalokasikan dana BOS ke seluruh sekolah di Indonesia melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

Oleh humas on March 04, 2020

Jakarta (3/3) -- Presiden Joko Widodo telah mengumumkan kasus positif Novel Coronavirus (Covid-19) perdana yang menimpa Warga Negara Indonesia (WNI). Kasus perdana tersebut menuai beragam reaksi seluruh masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat panik dan ketakutan akan kemungkinan penyebaran virus corona tersebut.

Kepanikan masyarakat mengakibatkan timbulnya ragam disinformasi dan berita bohong (hoax). Pemberitaan media massa baik cetak ataupun elektronik juga banyak yang menjurus menjadi disinformasi yang rentan menimbulkan kepanikan lebih besar.

Oleh humas on March 04, 2020

Jakarta (4/3) -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024. Berbagai aspek perencanaan pembangunan sudah ditetapkan, salah satu prioritas nasional yang ditetapkan dalam RPJMN 2020-2024 adalah Stabilitas Polhukankam dan Transformasi Pelayanan Publik.

Oleh humas on March 04, 2020

Jakarta (3/3) -- Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Ghafur Dharmaputra, membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ‘Memperkuat Sinergi Kelembagaan dalam Pendataan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Indonesia pada Selasa (3/3) di Jakarta.

Oleh humas on March 04, 2020

Jakarta (3/3) -- Pemerintah terus meningkatkan upaya penanganan terhadap penyebaran Novel Coronavirus (Covid-19) di Indonesia. Salah satunya ialah memastikan ketersediaan Rumah Sakit (RS) rujukan yang memiliki fasilitas lengkap dan memadai, terutama ruangan isolasi tekanan negatif.

Ruangan isolasi tekanan negatif dikhususkan untuk pengendalian kontaminan mikroba guna mencegah penyebaran kontaminan udara dari ruang isolasi ke daerah lain. Tujuannya yaitu untuk menghilangkan penyebaran kontaminan menular dan patogen ke lingkungan sekitarnya melalui jalur udara.

Oleh humas on March 03, 2020

Jakarta (2/3) -- Pernyataan Presiden Joko Widodo beberapa saat lalu yang mengumumkan bahwa ada dua Warga Negara Indonesia (WNI) telah dinyatakan positif Novel Coronavirus (Covid-19) menuai reaksi dari hampir seluruh masyarakat. Tidak sedikit yang merasa khawatir dan takut akan kemungkinan penyebaran virus corona tersebut.

Oleh humas on March 02, 2020

Bogor (2/3) -- Sivitas akademika perguruan tinggi di Indonesia, baik dosen maupun mahasiswa, telah mampu menciptakan riset inovasi. Tidak sedikit diantara hasil riset inovasi tersebut yang dihilirisasi menjadi produk inovasi dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pemerintah berharap riset inovasi yang diciptakan oleh perguruan tinggi tidak hanya sampai pada kalangan tertentu, tetapi juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama yang ada di desa.

Oleh humas on March 02, 2020

Majalengka (2/3) -- Pesawat garuda yang membawa pulang 69 Warga Negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar Diamond Princess dari Jepang tiba di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Pesawat tiba di BIJB Kertajati sekitar pukul 23.00 WIB, Minggu malam (1/3).

Sesaat setelah tiba, rombongan WNI ABK Diamond Princess langsung melalui serangkaian proses disinfektan. Setelah itu rombongan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan PLTU Indramayu dengan menggunakan empat bus dari RSPAD Gatot Soebroto.

Oleh humas on March 02, 2020

Majalengka (1/3) -- Setelah berhasil melakukan evakuasi 188 Warga Negara Indonesia (WNI) Awak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar World Dream, Pemerintah melanjutkan proses evakuasi terhadap WNI ABK Kapal Diamond Princess dari Yokohama, Jepang.

Pemerintah saat ini tengah melakukan penjemputan terhadap 69 orang yang terdiri dari 67 laki-laki dan 2 orang perempuan WNI ABK Kapal Diamond Princess yang berada di perairan Yokohama, Jepang. Tim penjemput telah berangkat sejak Jumat (28/2) kemarin lusa dengan Pesawat Garuda Indonesia.

Oleh humas on February 29, 2020

Jakarta (28/2) -- Pemerintah kembali melakukan peninjauan ke Pulau Sebaru Kecil, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta yang menjadi lokasi observasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar World Dream dan Diamond Princess.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai melakukan peninjauan menyatakan Pulau Sebaru Kecil telah siap untuk menjadi lokasi observasi.

Oleh humas on February 28, 2020

Malang (28/2) -- Istri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Suryan Widati, atau akrab disapa Wida Muhadjir Effendy bersama para istri Menteri Kabinet Indonesia Maju yang tergabung dalam OASE melakukan sosialisasi cinta kebersihan pada anak.

Sosialisasi dilakukan di sela-sela kunjungan kerja ke Malang, tepatnya, dengan mengajari secara langsung anak-anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Dau gerakan cuci tangan yang benar.

Oleh humas on February 27, 2020

Jakarta (27/2) -- Pemerintah saat ini tengah menggalakan percepatan pembangunan daerah yang menyandang status tertinggal. Berdasarkan Keputusan Menteri Desa PDTT No. 70 tahun 2019 tentang penetapan Daerah Tertinggal yang Terentaskan Tahun 2015-2019, hingga tahun 2019 sebanyak 62 daerah terentaskan (terlepas) dari status daerah tertinggal.

Meskipun sudah berhasil menekan angka daerah tertinggal, daerah tertinggal masih memerlukan dukungan. Baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan pendanaan pembangunan agar indeks ketertinggalannya tidak kembali merosot.

Oleh humas on February 27, 2020

Jakarta (27/2) -- Pemerintah Kerajaan Arab Saudi secara mengejutkan menerbitkan penghentian sementara kunjungan jamaah umrah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia, per hari ini, Kamis (27/2). Keputusan tersebut diklaim untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Menyikapi hal itu, pemerintah Indonesia menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, telah menyiapkan beberapa langkah yang akan dilakukan guna mengantisipasi dampak penghentian sementara umrah oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Oleh humas on February 27, 2020

Jakarta (27/2) -- Menindaklanjuti keputusan dan arahan Presiden, pemerintah akan melakukan evakuasi terhadap sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess. Sampai hari ini, total sebanyak 68 orang ABK yang akan dievakuasi kembali ke Tanah Air.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan proses evakuasi akan dilakukan menggunakan pesawat. Namun yang paling penting, dalam pelaksanaannya pemerintah akan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat.

Oleh humas on February 27, 2020

Jakarta (27/2) -- Deputi Bidang koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Doddy Usodo HGS mewakili Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, yang menjadi lokasi observasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar World Dream.

Oleh humas on February 27, 2020

Jakarta (26/02) - Konflik sosial yang terjadi di Papua dan Papua Barat sejak tahun 2018 lalu telah mengganggu kehidupan sehari-hari masyarakat. Berbagai dampak dirasakan masyarakat dari berbagai bidang, kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Oleh humas on February 26, 2020

Bogor (26/2) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy diwakili Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Agus Sartono menghadiri acara wisuda Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Laa Roiba tingkat sarjana dan pascasarjana tahun ajaran 2019/2020 di Braja Mustika Convention Center, Bogor, Senin (24/2).

Oleh humas on February 26, 2020

Jakarta (26/2) -- Bangsa Indonesia saat ini tengah bersiap menerima bonus demografi. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya proporsi penduduk usia kerja. Diperkirakan, pada tahun 2045 akan ada sebanyak 70 persen dari total jumlah penduduk Indonesia berusia produktif (15-64 tahun), sisanya sebanyak 30 persen adalah penduduk usia tidak produktif.

Oleh humas on February 26, 2020

Jakarta (25/02) – Sebagai bentuk pelindungan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI), sejak tahun 2015 hingga 2019, pemerintah telah membangun 42 Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di 10 provinsi dan 32 kabupaten/kota di Indonesia. Hal itu merupakan salah satu cara untuk mempermudah CPMI/PMI dalam pengurusan dokumen, mencegah dan mengurangi PMI nonprosedural.

Oleh humas on February 25, 2020

Jakarta (24/2) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) dukungan pemulihan bencana banjir dan longsor Kabupaten Lebak dan Kabupaten Bogor di Kantor Kemenko PMK, Jakarta.

Rakor tersebut secara khusus membahas upaya untuk menggalang dukungan pemulihan sarana dan prasarana keagamaan seperti masjid, pondok pesantren dan madrasah.

Oleh humas on February 24, 2020

Jakarta (24/2) -- Pemerintah akan segera melakukan evakuasi terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) World Dream dan juga Diamond Princess. Namun dalam prosesnya, evakuasi akan dilakukan bertahap dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan dari dua kelompok tersebut, evakuasi pertama akan dilakukan terhadap 188 ABK dari World Dream. Evakuasi secara transfer (boat to boat) dari Kapal World Dream ke Kapal Rumah Sakit dr. Soeharso milik TNI.

Oleh humas on February 24, 2020

Jakarta (21/2) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar rapat koordinasi pemulihan korban peristiwa Talangsari di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Jumat (21/2). Rapat dihadiri oleh perwakilan dari Kemenko Polhukam, Setkab, Kemensos, Kemendikbud, Kemendes PDTT, Kemenkes, dan LPSK.

Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK Dody Usodo HGS mengatakan bahwa rapat tersebut bertujuan untuk membahas persiapan kegiatan pemulihan korban Talangsari oleh kementerian/lembaga di bawah koordinasi Kemenko PMK.

Oleh humas on February 23, 2020

Jakarta (23/2) – Dewasa ini aksi perundungan atau yang sering disebut dengan istilah bullying baik berbentuk kekerasan fisik ataupun psikis marak terjadi di lingkungan sekolah. Salah satu contoh kasus bullying fisik di sekolah menimpa seorang siswa kelas VII di SMPN 38 Pekanbaru, Riau berinisial FA. Beberapa waktu lalu pada November 2019 ia menjadi korban bully fisik oleh teman sekelasnya. FA mengalami babak belur dan hidung patah akibat kepalanya dipukul dan dibenturkan dengan kayu oleh pelaku yang merupakan teman sekelasnya.

Oleh humas on February 23, 2020

Jakarta (23/2) -- Penyakit kanker merupakan salah satu penayakit yang tergolong sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Data dari Global Cancer Observasy (Globocan) menyebutkan bahwa di tahun 2018, terdapat 18,1 juta kasus baru kanker dengan angka kematian sebesar 9,6 juta.

Oleh humas on February 22, 2020

Jakarta (21/2) -- Rencana pemerintah melakukan revisi terhadap Peraturan Pemerintah 109/2019 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan terus menuai kontroversi. Sejumlah pihak terutama industri produk tembakau secara tegas telah menyatakan penolakan.

Pages

Subscribe to Berita dan Artikel