Oleh humas on December 10, 2019

Foto : 

  • Deputi 7

Jailolo (05/12), Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan, Kemenko PMK, Sonny Harry B Harmadi melakukan dialog dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat dalam mengidentifikasi pembinaan yang akan dilakukan terhadap daerah tertinggal pasca dinyatakan entas. Pada kesempatan itu, Markus Saleky selaku Asisten II Pemda Kabupaten Halmahera Barat menyampaikan agar dalam pembinaan ini Kabupaten Halmahera Barat terus didukung untuk mengembangkan potensi daerahnya. Salah satu potensi wisata bahari menjadi unggulan di Jailolo yaitu berada di Kecamatan Loloda. Namun masih banyak yang perlu dibenahi antara lain akses internet, jalan dan fasilitas pendukung lainnya agar lokasi ini layak dikunjungi wisatawan. 

Selain dengan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Sonny juga melakukan kunjungan lapangan serta berdialog dengan kepala desa serta perangkat desa di Desa Balisoan, Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat. Kunjungan ini untuk melihat secara langsung percepatan pembangunan daerah tertinggal (PPDT) yang telah dilakukan di Kabupaten Halmahera Barat.

Dalam dialog tersebut, Kepala Desa Balisoan menyampaikan kegiatan untuk merubah wajah desa tidak dapat dilakukan dengan dana desa. Dana desa lebih diprioritaskan untuk program dan kegiatan yang memiliki dampak ekonomi dan manfaat yang langsung diterima masyarakat. 

Bersamaan dengan kunjungan lapangan ini, Deputi juga menyampaikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Pertanian Kewirausahaan Banau dengan tema “SDM unggul untuk membangun entrepreneurship desa” dihadapan lebih dari 100 mahasiswa dan dosen. Turut mendampingi Dr. Ir. Dadan Hindayana selaku Ketua STPK Banau. Sekolah tinggi ini merupakan sekolah yang menjadi andalan bagi Kabupaten Halmahera Barat. 

Turut ikutserta dalam kunjungan lapangan: Asdep Pemberdayaan Masyarakat Kemenko PMK, Direktur Sarana dan Prasarana Daerah Tertinggal, Kementerian Desa PDTT, Tim Kemenko PMK, Para Tenaga Ahli Tingkat Provinsi Maluku Utara, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Halmahera Barat, Camat Sahu, serta Pendamping Desa Balisoan. 

Reporter: 

  • Deputi 7