Kesehatan

Oleh humas on February 20, 2020

Jakarta (19/2) – Riset dan inovasi adalah faktor penting dalam memajukan bangsa. Dengan ragam sumber daya alam dan sumber daya manusia yang luar biasa, riset dan inovasi harusnya bisa dikembangkan dengan baik. Khususnya dalam riset dan inovasi di bidang kesehatan seperti obat-obatan dan alat kesehatan, pengembangan produksi dari dalam negeri sangat perlu untuk dikembangkan untuk mewujudkan kemandirian di sektor kesehatan nasional.

Oleh humas on February 20, 2020

Jakarta (19/2) -- Lima tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke depan akan fokus pada lima agenda prioritas kerja. Prioritas paling utama yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM) diantaranya meliputi pembangunan di bidang kesehatan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa kesehatan adalah modal paling dasar untuk membangun manusia Indonesia. Kesehatan tidak hanya penting untuk diri sendiri, tetapi juga menjaga keberlangsungan masa depan generasi penerus bangsa.

Oleh humas on February 17, 2020

Jakarta (17/2) – Pemerintah telah berhasil memulangkan 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjalani observasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau setelah dijemput dari Wuhan, Tiongkok. Pemerintah memastikan semua WNI dalam keadaan sehat tanpa ada yang terpapar virus Covid-19 atau virus korona. Kesuksesan pemerintah dalam melakukan observasi dan mencegah tersebarnya virus itu pun menuai apresiasi dari dunia internasional, salah satunya adalah dari World Health Organization (WHO).

Oleh humas on February 16, 2020

Natuna (16/2) -- Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Wuhan, Cina dan telah menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau telah diterbangkan kembali ke kampung halamannya masing-masing pada Sabtu siang kemarin. Pemerintah terus mengawal proses pemulangan dan memastikan semua WNI yang dipulangkan dalam keadaan sehat.

Oleh humas on February 16, 2020

Natuna (15/2) -- Tepat 14 hari pasca menjalani observasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok, telah diterbangkan kembali ke kampung halaman. Pemerintah memastikan prosesnya berjalan lancar dan semua WNI dalam keadaan sehat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan bahwa pemerintah akan terus mendampingi proses pemulangan WNI hingga tiba di Jakarta dan kemudian melanjutkan ke daerah tujuan masing-masing.

Oleh humas on February 14, 2020

Semarang (14/2) -- Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Agus Suprapto mewakili Menko PMK Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/2).

Agus menjelaskan kunjungan ini dilakukan untuk melihat kesiapan RS dalam menghadapi pandemi penyakit, tidak terkecuali Covid-19 atau yang lebih dikenal virus korona yang dewasa ini masih terus diwaspadai keberadaanya.

Oleh humas on February 13, 2020

Jakarta (12/2) -- Pemerintah telah melakukan upaya maksimal untuk memastikan Warga Negara Indonesia (WNI) yang didatangkan kembali dari Wuhan, Tiongkok, benar-benar berada dalam kondisi sehat dan terbebas dari Covid-19. Salah satunya melalui proses transit observasi yang dilakukan di Natuna, Kepulauan Riau.
 

Oleh humas on February 13, 2020

Jakarta (13/2) -- Pemerintah pusat telah melakukan koordinasi dan menentukan waktu pelepasan peserta transit observasi serta sejumlah petugas lainnya yang berada di Natuna, Kepulauan Riau, pasca observasi Covid-19 yaitu pada Sabtu (15/2) mendatang, bila sampai batas waktu observasi Pukul 12.00 hari itu dalam keadaan tetap sehat.
 
Hal itu merujuk aturan masa waktu efektif untuk observasi yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia yakni selama 14 hari atau dua pekan.
 

Oleh humas on February 12, 2020

Jakarta (11/2) – Pemerintah terus memfokuskan pengurangan tingkat kemiskinan dan penurunan prevelensi anak kerdil (stunting) sebagai prioritas utama untuk membangun manusia Indonesia yang berkualitas.

Sebagaimana dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020 – 2024, ditetapkan target penurunan tingkat kemiskinan antara 7% hingga 6,5%, atau 18,34 juta sampai 19,75 juta penduduk pada akhir tahun 2024. 

Oleh humas on February 08, 2020

Banjarmasin (8/2) -- Sebagaimana amanat Presiden Joko Widodo dalam visi dan misi kerja lima tahunan, pemerintah sangat memperioritaskan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Permasalahan stunting menjadi salah satu yang harus diselesaikan untuk mencapai pembangunan SDM yang berkualitas, dinamis, terampil serta menguasai IPTEK. 

Oleh humas on February 06, 2020

Jakarta (6/2) -- Menyikapi maraknya informasi ataupun berita bohong (hoaks) tentang Novel Coronavirus (2019-nCOV), pemerintah segera membentuk pusat informasi dan komunikasi penanganan dampak virus corona. Hasil rapat bersama sejumlah menteri, disepakati pusat informasi tersebut ditempatkan di Kantor Staf Kepresidenan.

Pada rapat koordinasi pembentukan pusat informasi dan komunikasi penanganan dampak virus corona di KSP, Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) diwakili Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Agus Suprapto.

Oleh humas on February 02, 2020

Natuna (2/2) -- Pemerintah telah memutuskan akan mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, Tiongkok, untuk kembali ke Tanah Air. Namun sesuai standar World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia, proses evakuasi harus melalui observasi 14 hari sebelum dipulangkan ke keluarga masing-masing.

Oleh humas on January 31, 2020

Jakarta (31/1) -- Program Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB-KR) masuk sebagai salah satu kegiatan prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Khususnya, hal tersebut menyangkut kesehatan ibu dan anak.

Beberapa isu strategis yang menjadi perhatian pemerintah ialah mengenai turunnya penggunaan kontrasepsi modern, kebutuhan ber-KB yang tidak dapat terlayani (unmeet need), disparitas antarwilayah, serta tingginya peserta KB yang putus pakai.

Oleh humas on January 31, 2020

Jakarta (31/1) - Sebanyak 16 negara telah mengumumkan kasus positif infeksi Novel Coronavirus (2019 n-Cov) yang telah mengakibatkan kematian pada 132 penderitanya (per 28 Januari 2020). Virus itu muncul pertama kali di Wuhan yang merupakan ibukota Provinsi Hubei dengan jumlah populasi sekitar 60 juta jiwa.

Oleh humas on January 29, 2020

Cimahi (29/1) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan pentingnya upaya menanggulangi masalah TBC (tuberkulosis) di Indonesia. Pasalnya, menurut data global WHO tahun 2018, Indonesia peringkat ketiga terbanyak penderita TBC dari seluruh negara di dunia.

"Ini sudah dicanangkan Presiden, kita akan terus bergerak cepat. Kita juga sudah punya petanya sehingga tinggal langsung mengeksekusi," ujarnya saat mendampingi Presiden Jokowi dalam mendukung Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030 di Cimahi Technopark, Jawa Barat.

Oleh humas on January 28, 2020

Jakarta (28/1) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan bahwa sampai hari ini Indonesia masih aman dari penyebaran virus corona jenis baru atau dikenal sebagai Novel Coronavirus (2019-nCOV).

“Alhamdulillah sampai hari ini Indonesia masih aman dan mudah-mudahan akan terus aman. Kita berusaha untuk mengantisipasi agar virus tersebut tidak sampai menjalar ke wilayah Indonesia,” ujarnya saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Kesiapsiagaan dan Antisipasi Masuknya Novel Coronavirus.

Oleh humas on January 27, 2020

Jakarta (27/1) -- Bermula dari kasus pneumonia berat yang dialami beberapa orang di Wuhan, Tiongkok, pada Desember 2019, para ilmuwan memperkirakan kasus infeksi tersebut akan meluas tidak hanya di dalam negeri Tirai Bambu tetapi sampai ke negara lain. Kasus infeksi yang disebabkan coronavirus jenis baru yang dikenal sebagai Novel Coronavirus (2019-nCOV) itu menyebar cepat dengan jumlah kasus yang terus meningkat secara tajam. Hingga 23 Januari 2020, dilaporkan telah mencapai 830 lebih kasus di seluruh dunia dan 25 orang meninggal dunia.

Oleh humas on January 15, 2020

Yogyakarta (15/1) - Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Agus Suprapto mewakili Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menghadiri Grand Opening Rumah Sakit Siloam Yogyakarta (15/1). Hadir dalam acara tersebut Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono, Founder & Chairman Lippo Grup Mochtaer Riady, dan Komisaris Lippo Group Theo L Sambuaga.

Oleh humas on December 20, 2019

Jakarta (20/11) – Kunci menurunkan stunting harus dilakukan dari hulu yakni dengan membentuk keluarga yang matang, siap mental dan kemampuan ekonominya. Demikian Menko PMK Muhadjir Effendy saat menyampaikan keynote speech di ajang Scaling Up Nutrition (SUN) Annual Meeting Tahun 2019. 

Oleh humas on November 30, 2019

Jakarta (29/11) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, mendorong agar setiap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mendapatkan izin edar melalui evaluasi dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)  untuk meningkatkan daya saing produk UMKM.

Oleh humas on November 27, 2019

Jakarta (27/11) - Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Prof Agus Sartono pagi ini memimpin rapat koordinasi membahas tindak lanjut arahan Presiden dalam Rapat Terbatas (Ratas) program Pembangunan Manusia yang berlangsung di Harris Vertu, Jakarta Pusat. Hadir dalam rakor tersebut Sekjen Kemdikbud, Didik Suhardi; perwakilan Bappenas, Kemenaker, Kemenkes, dan K/L lainnya. 

Oleh humas on November 13, 2019

Bogor (13/11)--- Terdapat dua titik tekan, menurut Menko PMK, Muhadjir Effendy, dalam visi dan misi Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres, KH Ma’ruf Amin, yang akan menjadi konsentrasi kerja koordinasi Kemenko PMK dan pelaksanaannya oleh para K/L yang berada di bawah koordinasi Kemenko PMK yaitu pada butir pertama dan kelima. Butir pertama menyebutkan tentang peningkatan kualitas manusia Indonesia, sementara butir ke-5 menyatakan bahwa kemajuan budaya mencerminkan kepribadian bangsa.

Oleh humas on November 08, 2019

Malang (8/11) -- Kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ke Malang, Jawa Timur, diikuti oleh lebih dari 30 jurnalis media cetak dan elektronik, lokal hingga nasional. Seluruh pejabat eselon 1, mulai Sekretaris Menko PMK (Sesmenko PMK), jajaran para deputi, dan juga staf ahli turut menjamu sekaligus membuka forum dialog bersama para awak media.

Oleh humas on November 06, 2019

Jakarta (4/11) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Perubahan PP No. 109/2012 tentang Pengamanan Produk Tembakau Bagi Kesehatan di Kantor Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on November 04, 2019

Jakarta (4/11) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, senin pagi, menyambangi Kementerian Kesehatan. Menko PMK disambut langsung oleh Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. Kunjungan Menko PMK ini membicarakan dengan  berbagai isu strategis diantaranya penanganan stunting, BPJS Kesehatan, harga obat tinggi dan penggunaan alat-alat kesehatan dalam negeri. 

Pages

Subscribe to RSS - Kesehatan