Kesehatan

Oleh humas on March 06, 2020

Jakarta (5/3) -- Pemerintah saat ini tengah berupaya mewujudkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk mewujudkan Indonesia maju. Hal tersebut sesuai dengan visi besar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong-royong.

Oleh humas on March 04, 2020

Jakarta (3/3) -- Presiden Joko Widodo telah mengumumkan kasus positif Novel Coronavirus (Covid-19) perdana yang menimpa Warga Negara Indonesia (WNI). Kasus perdana tersebut menuai beragam reaksi seluruh masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat panik dan ketakutan akan kemungkinan penyebaran virus corona tersebut.

Kepanikan masyarakat mengakibatkan timbulnya ragam disinformasi dan berita bohong (hoax). Pemberitaan media massa baik cetak ataupun elektronik juga banyak yang menjurus menjadi disinformasi yang rentan menimbulkan kepanikan lebih besar.

Oleh humas on March 04, 2020

Jakarta (3/3) -- Pemerintah terus meningkatkan upaya penanganan terhadap penyebaran Novel Coronavirus (Covid-19) di Indonesia. Salah satunya ialah memastikan ketersediaan Rumah Sakit (RS) rujukan yang memiliki fasilitas lengkap dan memadai, terutama ruangan isolasi tekanan negatif.

Ruangan isolasi tekanan negatif dikhususkan untuk pengendalian kontaminan mikroba guna mencegah penyebaran kontaminan udara dari ruang isolasi ke daerah lain. Tujuannya yaitu untuk menghilangkan penyebaran kontaminan menular dan patogen ke lingkungan sekitarnya melalui jalur udara.

Oleh humas on March 03, 2020

Jakarta (2/3) -- Pernyataan Presiden Joko Widodo beberapa saat lalu yang mengumumkan bahwa ada dua Warga Negara Indonesia (WNI) telah dinyatakan positif Novel Coronavirus (Covid-19) menuai reaksi dari hampir seluruh masyarakat. Tidak sedikit yang merasa khawatir dan takut akan kemungkinan penyebaran virus corona tersebut.

Oleh humas on March 02, 2020

Majalengka (2/3) -- Pesawat garuda yang membawa pulang 69 Warga Negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar Diamond Princess dari Jepang tiba di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Pesawat tiba di BIJB Kertajati sekitar pukul 23.00 WIB, Minggu malam (1/3).

Sesaat setelah tiba, rombongan WNI ABK Diamond Princess langsung melalui serangkaian proses disinfektan. Setelah itu rombongan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan PLTU Indramayu dengan menggunakan empat bus dari RSPAD Gatot Soebroto.

Oleh humas on March 02, 2020

Majalengka (1/3) -- Setelah berhasil melakukan evakuasi 188 Warga Negara Indonesia (WNI) Awak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar World Dream, Pemerintah melanjutkan proses evakuasi terhadap WNI ABK Kapal Diamond Princess dari Yokohama, Jepang.

Pemerintah saat ini tengah melakukan penjemputan terhadap 69 orang yang terdiri dari 67 laki-laki dan 2 orang perempuan WNI ABK Kapal Diamond Princess yang berada di perairan Yokohama, Jepang. Tim penjemput telah berangkat sejak Jumat (28/2) kemarin lusa dengan Pesawat Garuda Indonesia.

Oleh humas on February 29, 2020

Jakarta (28/2) -- Pemerintah kembali melakukan peninjauan ke Pulau Sebaru Kecil, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta yang menjadi lokasi observasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar World Dream dan Diamond Princess.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai melakukan peninjauan menyatakan Pulau Sebaru Kecil telah siap untuk menjadi lokasi observasi.

Oleh humas on February 27, 2020

Jakarta (27/2) -- Pemerintah Kerajaan Arab Saudi secara mengejutkan menerbitkan penghentian sementara kunjungan jamaah umrah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia, per hari ini, Kamis (27/2). Keputusan tersebut diklaim untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Menyikapi hal itu, pemerintah Indonesia menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, telah menyiapkan beberapa langkah yang akan dilakukan guna mengantisipasi dampak penghentian sementara umrah oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Oleh humas on February 27, 2020

Jakarta (27/2) -- Menindaklanjuti keputusan dan arahan Presiden, pemerintah akan melakukan evakuasi terhadap sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess. Sampai hari ini, total sebanyak 68 orang ABK yang akan dievakuasi kembali ke Tanah Air.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan proses evakuasi akan dilakukan menggunakan pesawat. Namun yang paling penting, dalam pelaksanaannya pemerintah akan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat.

Oleh humas on February 26, 2020

Jakarta (26/2) -- Bangsa Indonesia saat ini tengah bersiap menerima bonus demografi. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya proporsi penduduk usia kerja. Diperkirakan, pada tahun 2045 akan ada sebanyak 70 persen dari total jumlah penduduk Indonesia berusia produktif (15-64 tahun), sisanya sebanyak 30 persen adalah penduduk usia tidak produktif.

Oleh humas on February 24, 2020

Jakarta (24/2) -- Pemerintah akan segera melakukan evakuasi terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) World Dream dan juga Diamond Princess. Namun dalam prosesnya, evakuasi akan dilakukan bertahap dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan dari dua kelompok tersebut, evakuasi pertama akan dilakukan terhadap 188 ABK dari World Dream. Evakuasi secara transfer (boat to boat) dari Kapal World Dream ke Kapal Rumah Sakit dr. Soeharso milik TNI.

Oleh humas on February 23, 2020

Jakarta (23/2) -- Penyakit kanker merupakan salah satu penayakit yang tergolong sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Data dari Global Cancer Observasy (Globocan) menyebutkan bahwa di tahun 2018, terdapat 18,1 juta kasus baru kanker dengan angka kematian sebesar 9,6 juta.

Oleh humas on February 22, 2020

Jakarta (21/2) -- Rencana pemerintah melakukan revisi terhadap Peraturan Pemerintah 109/2019 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan terus menuai kontroversi. Sejumlah pihak terutama industri produk tembakau secara tegas telah menyatakan penolakan.

Oleh humas on February 21, 2020

Jakarta (20/2) -- Sebanyak 74 awak kapal pesiar Diamond Princess yang berlayar di Perairan Yokohama, Jepang, telah dinyatakan sehat dan terbebas dari Novel Coronavirus (Covid-19). Terkait hal itu, pemerintah mengambil langkah cepat dengan akan langsung mengevakuasi mereka kembali ke Tanah Air.

Guna mempersiapkan proses evakuasi dan observasi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengadakan rapat koordinasi bersama sejumlah menteri dan pihak terkait lain di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (20/2).

Oleh humas on February 20, 2020

Jakarta (19/2) – Riset dan inovasi adalah faktor penting dalam memajukan bangsa. Dengan ragam sumber daya alam dan sumber daya manusia yang luar biasa, riset dan inovasi harusnya bisa dikembangkan dengan baik. Khususnya dalam riset dan inovasi di bidang kesehatan seperti obat-obatan dan alat kesehatan, pengembangan produksi dari dalam negeri sangat perlu untuk dikembangkan untuk mewujudkan kemandirian di sektor kesehatan nasional.

Oleh humas on February 20, 2020

Jakarta (19/2) -- Lima tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke depan akan fokus pada lima agenda prioritas kerja. Prioritas paling utama yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM) diantaranya meliputi pembangunan di bidang kesehatan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa kesehatan adalah modal paling dasar untuk membangun manusia Indonesia. Kesehatan tidak hanya penting untuk diri sendiri, tetapi juga menjaga keberlangsungan masa depan generasi penerus bangsa.

Oleh humas on February 17, 2020

Jakarta (17/2) – Pemerintah telah berhasil memulangkan 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjalani observasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau setelah dijemput dari Wuhan, Tiongkok. Pemerintah memastikan semua WNI dalam keadaan sehat tanpa ada yang terpapar virus Covid-19 atau virus korona. Kesuksesan pemerintah dalam melakukan observasi dan mencegah tersebarnya virus itu pun menuai apresiasi dari dunia internasional, salah satunya adalah dari World Health Organization (WHO).

Oleh humas on February 16, 2020

Natuna (16/2) -- Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Wuhan, Cina dan telah menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau telah diterbangkan kembali ke kampung halamannya masing-masing pada Sabtu siang kemarin. Pemerintah terus mengawal proses pemulangan dan memastikan semua WNI yang dipulangkan dalam keadaan sehat.

Oleh humas on February 16, 2020

Natuna (15/2) -- Tepat 14 hari pasca menjalani observasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok, telah diterbangkan kembali ke kampung halaman. Pemerintah memastikan prosesnya berjalan lancar dan semua WNI dalam keadaan sehat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan bahwa pemerintah akan terus mendampingi proses pemulangan WNI hingga tiba di Jakarta dan kemudian melanjutkan ke daerah tujuan masing-masing.

Oleh humas on February 14, 2020

Semarang (14/2) -- Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Agus Suprapto mewakili Menko PMK Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/2).

Agus menjelaskan kunjungan ini dilakukan untuk melihat kesiapan RS dalam menghadapi pandemi penyakit, tidak terkecuali Covid-19 atau yang lebih dikenal virus korona yang dewasa ini masih terus diwaspadai keberadaanya.

Oleh humas on February 13, 2020

Jakarta (12/2) -- Pemerintah telah melakukan upaya maksimal untuk memastikan Warga Negara Indonesia (WNI) yang didatangkan kembali dari Wuhan, Tiongkok, benar-benar berada dalam kondisi sehat dan terbebas dari Covid-19. Salah satunya melalui proses transit observasi yang dilakukan di Natuna, Kepulauan Riau.
 

Oleh humas on February 13, 2020

Jakarta (13/2) -- Pemerintah pusat telah melakukan koordinasi dan menentukan waktu pelepasan peserta transit observasi serta sejumlah petugas lainnya yang berada di Natuna, Kepulauan Riau, pasca observasi Covid-19 yaitu pada Sabtu (15/2) mendatang, bila sampai batas waktu observasi Pukul 12.00 hari itu dalam keadaan tetap sehat.
 
Hal itu merujuk aturan masa waktu efektif untuk observasi yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia yakni selama 14 hari atau dua pekan.
 

Oleh humas on February 12, 2020

Jakarta (11/2) – Pemerintah terus memfokuskan pengurangan tingkat kemiskinan dan penurunan prevelensi anak kerdil (stunting) sebagai prioritas utama untuk membangun manusia Indonesia yang berkualitas.

Sebagaimana dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020 – 2024, ditetapkan target penurunan tingkat kemiskinan antara 7% hingga 6,5%, atau 18,34 juta sampai 19,75 juta penduduk pada akhir tahun 2024. 

Oleh humas on February 08, 2020

Banjarmasin (8/2) -- Sebagaimana amanat Presiden Joko Widodo dalam visi dan misi kerja lima tahunan, pemerintah sangat memperioritaskan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Permasalahan stunting menjadi salah satu yang harus diselesaikan untuk mencapai pembangunan SDM yang berkualitas, dinamis, terampil serta menguasai IPTEK. 

Oleh humas on February 06, 2020

Jakarta (6/2) -- Menyikapi maraknya informasi ataupun berita bohong (hoaks) tentang Novel Coronavirus (2019-nCOV), pemerintah segera membentuk pusat informasi dan komunikasi penanganan dampak virus corona. Hasil rapat bersama sejumlah menteri, disepakati pusat informasi tersebut ditempatkan di Kantor Staf Kepresidenan.

Pada rapat koordinasi pembentukan pusat informasi dan komunikasi penanganan dampak virus corona di KSP, Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) diwakili Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Agus Suprapto.

Pages

Subscribe to RSS - Kesehatan