Pendidikan

Oleh humas on February 20, 2020

Jakarta (20/2) – Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Data Kementerian Agama Tahun 2019 menunjukkan penduduk muslim di Indonesia sebanyak 229.711.974 jiwa. Dengan jumlah muslim yang begitu banyak Indonesia memiliki potensi ekonomi islam sangat besar. Berdasarkan laporan terbaru State Of The Global Islamic Economy 2018/2019 menunjukkan bahwa potensi ekonomi Islam pada tahun 2023 diperkirakan mencapai US$ 3.809 Billion atau bila dikonversi ke rupiah sekitar Rp 500 Triliun.

Oleh humas on February 14, 2020

Semarang (14/2) -- Pembangunan manusia merupakan satu proses yang tidak pernah berakhir, sejalan dengan siklus kehidupan manusia. Pembangunan manusia dimulai sejak seseorang membangun keluarga, mempunyai keturunan, mengasuh anak, menyekolahkan hingga dewasa sehingga kelak siap untuk berumah tangga kembali. Siklus ini berputar terus menerus.

Oleh humas on January 31, 2020

Jakarta (31/1) -- Pemerintah saat ini tengah gencar melakukan pemerataan akses dan peningkatan kualitas pendidikan. salah satu cara yang dilakukan untuk pemerataan pendidikan adalah melalui pemenuhan kebutuhan guru serta peningkatan kompetensinya. 

Oleh humas on January 30, 2020

Tangerang Selatan (30/1) -- Indonesia masih memiliki masalah di sektor ekonomi. Daya saing produksi nasional berbasis riset dan inovasi masih belum optimal. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) tahun 2020 di Gedung Graha Widya Bhakti, Puspiptek, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/1).

Oleh humas on January 20, 2020

Yogyakarta (20/01) - Menko PMK Muhadjir Effendy hari ini menghadiri Rapat Terbuka Dewan Guru Besar untuk Pengukuhan Guru Besar Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK Agus Sartono.
Agus Sartono dikukuhkan sebagai guru besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM).
Terhitung 1 Januari 2011, Agus Sartono ditetapkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Manajemen FEB UGM. 

Oleh humas on January 16, 2020

Jakarta (15/1) -- Perkembangan teknologi digital tidak lepas dari pengaruh media sosial. Ironisnya, beragam informasi yang tersedia tidak jarang dikemas dalam sebuah konten negatif yang dikhawatirkan dapat menimbulkan polemik hingga mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa kunci keberhasilan pembangunan Indonesia di era digital salah satunya adalah dengan menciptakan konten positif yang dapat memengaruhi perubahan perilaku masyarakat ke arah lebih baik.

Oleh humas on January 15, 2020

Jakarta (15/1) -- Percepatan pemerataan akses mutu dan layanan pendidikan yang berkualitas di seluruh Indonesia menjadi prioritas dari Pemerintah. Untuk mendukung pemerataan layanan pendidikan, Pemerintah menyusun rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Zonasi Pendidikan. 

Rancangan peraturan tersebut sudah dibahas lintas Kementerian/Lembaga terkait pada era pemerintahan sebelumnya yakni Kabinet Kerja. Bahkan Menteri Koordinator dan Menteri terkait pada era sebelumnya sudah menandatangani persetujuan untuk mengajukan kepada Presiden.

Oleh humas on January 05, 2020

Jakarta (3/1) -- Banjir yang melanda Ibukota beberapa hari lalu masih menyisakan keprihatinan. Sekitar 1.300 warga terdampak banjir, termasuk anak-anak, kaum ibu, dan para lanjut usia (lansia)  terpaksa menempati 19 ruang kelas di SMPN 264 Jakarta dengan minim fasilitas akibat ketinggian air yang mencapai setingi pinggang orang dewasa.

Oleh humas on December 13, 2019

Jakarta (13/12)--- Menjadi Pemikir yang baik dan unggul seperti Tokoh Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif harus diiringi dengan kemampuan menulis dan keterampilan berbicara yang baik juga. Semua itu dapat diasah dengan mulai membiasakan diri lewat banyak membaca aneka macam literatur serta penguasaan bahasa asing. “Butuh jalan panjang untuk dapat menjadi seorang Pemikir seperti Buya (Ahmad Syafii Maarif—red). Saya coba memahami pemikiran Beliau itu dengan membaca tesisnya lalu berhubungan baik.

Oleh humas on December 12, 2019

Jakarta (12/12)--- Kemenko PMK, melalui Kedeputian bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, menggelar Rapat Koordinasi Teknis dalam rangka menindaklanjuti arahan presiden dalam Rapat Terbatas pada 12 November 2019. Rakornis dipimpin langsung oleh Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Agus Sartono dan dihadiri oleh K/L terkait seperti Kemendikbud, Kemenkeu, Kemendagri, Kemenag, Kemenpan RB, dan sebagainya. 

Oleh humas on December 11, 2019

Jakarta (11/12) --- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, pagi ini hadiri sekaligus berikan sambutan pada acara rapat koordinasi kepala dinas pendidikan dan kepala lembaga penjamin mutu pendidikan seluruh Indonesia. Acara ini berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta.

Oleh humas on November 28, 2019

Jakarta (28/11) - Asisten Deputi Pendidikan Menengah dan Keterampilan Kerja, Kemenko PMK, R. Wijaya Kusumawardhana membuka rapat koordinasi Pemenuhan Kebutuhan Guru Kejuruan  dan Kesempatan Magang Guru di Dunia Industri yang berlangsung di Hotel Santika, Jakarta Pusat. Hadir dalam rakor tersebut Kepala Sekolah dari SMK se-DKI Jakarta, Kemendikbud, dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. 

Oleh humas on November 27, 2019

Jakarta (27/11) - Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Prof Agus Sartono pagi ini memimpin rapat koordinasi membahas tindak lanjut arahan Presiden dalam Rapat Terbatas (Ratas) program Pembangunan Manusia yang berlangsung di Harris Vertu, Jakarta Pusat. Hadir dalam rakor tersebut Sekjen Kemdikbud, Didik Suhardi; perwakilan Bappenas, Kemenaker, Kemenkes, dan K/L lainnya. 

Oleh humas on November 21, 2019

Jakarta (21/11)—- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat koordinasi (rakor) nasional membahas mengenai program pengembangan Science and Techno Park (STP). Rakor dibuka langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK, Agus Sartono.

Oleh humas on November 20, 2019

Jakarta (20/11) – Pondok pesantren identik dengan pendidikan keagamaan yang kuat. Namun menghadapi era revolusi industri 4.0, para santri lulusan pondok pesantren perlu dibekali keterampilan agar dapat semakin memperkuat peran dan daya saing untuk berkompetisi di masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pondok pesantren harus memiliki keterbukaan terhadap perkembangan dan kemajuan dunia saat ini. Pun, tidak menghilangkan pendidikan keagamaan yang melekat sebagai dasar tradisi di pondok pesantren.

Oleh humas on November 18, 2019

Jakarta (18/11) – Pemerintah menyadari bahwa Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) belum dikelola secara tertib, efisien, akomatif, efektif, transparan dan bertanggungjawab pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Senin pagi ini, Kemenko PMK pun mengumpulkan dinas pendidikan untuk mengkoordinasikan rencana integrasi aplikasi pelaporan dana BOS dalam sebuah Rakor. 

Oleh humas on November 14, 2019

Jakarta (14/11) -- Kegiatan KKN RM  sangat strategis dalam upaya mensosialisasikan Program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) melalui Perguruan Tinggi dan mahasiswa, masyarakat pedesaan dapat tersentuh langsung dengan program GNRM.  Demikian disampaikan Menko PMK, Muhadjir Effendy saat memberikan sambutan pada Rapat Evaluasi Kuliah Kerja Tematik Revolusi Mental Tahun 2019. Rapat diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis pagi (14/11). 

Oleh humas on November 14, 2019

Jakarta (11/11)— Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK, Agus Sartono hadir mewakili Menko PMK, Muhadjir Effendy, dalam rapat koordinasi yang membahas tentang Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Senin (11/11). Kartu prakerja dalam rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto ini bermaksud meminta banyak masukan dari K/L terkait seperti Kemenaker, KSP, Kemenkeu, Kemenperin, dan sebagainya.
Sesuai janji dalam kampanyenya,

Oleh humas on November 10, 2019

Pasuruan (09/11)—- “Saya sampaikan ikut berbelasungkawa atas kejadian ini. Sangat tragis karena sebetulnya tidak perlu terjadi kalau pembangunan rehabilitasi gedung sekolah ini dilakukan dengan baik,” kata Menko PMK, Muhadjir Effendy saat mengunjungi lokasi runtuhnya atap bangunan UPT SDN Gentong, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu siang. “Menurut keterangan walikota, sekolah ini menggunakan dana bantuan rehabilitasi sekolah yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang sifatnya swakelola di tahun 2012.

Oleh humas on November 08, 2019

Malang (8/11) -- Kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ke Malang, Jawa Timur, diikuti oleh lebih dari 30 jurnalis media cetak dan elektronik, lokal hingga nasional. Seluruh pejabat eselon 1, mulai Sekretaris Menko PMK (Sesmenko PMK), jajaran para deputi, dan juga staf ahli turut menjamu sekaligus membuka forum dialog bersama para awak media.

Oleh humas on October 31, 2019

Jakarta (31/10)--- Menko PMK, Muhadjir Effendy pada Kamis pagi melakukan konsolidasi terhadap kementerian dan lembaga negara yang berada di bawah koordinasi Kemenko PMK. Konsolidasi yang bertujuan untuk percepatan pencapaian visi dan misi presiden serta target dan sasaran indikator pembangunan manusia dan kebudayaan dalam RPJMN 2020 – 2024 ini berlangsung di Aula Heritage Kemenko PMK, Jakarta dan dihadiri oleh para menteri dan pimpinan dari K/L di bawah koordinasi Kemenko PMK, jajaran sesmen dan sestama, jajaran eselon I, dan para awak media.

Oleh humas on October 30, 2019

Jakarta (24/10)--- Standar WHO telah menetapkan bahwa rasio antara jumlah dokter dengan masyarakat yang harus dilayaninya yaitu 1 : 2.500 penduduk. Untuk Indonesia sendiri, jika di hitung rata-rata per provinsi, seorang dokter harus melayani sebanyak 100 ribu penduduk. Angka ini tentu masih jauh dari ideal.

Oleh humas on October 19, 2019

Jakarta (15/10) – Menindaklanjuti rapat koordinasi permohonan alih status tanah dari Kementerian Desa PDTT ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, siang ini, melalui Asisten Deputi PAUD, Pendidikan dasar dan Pendidikan Masyarakat Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri, mengadakan rakor tindak lanjut permohonan alih status tanah LPMP Kaltara di ruang rapat lantai 10 Kemenko PMK, Jakarta. 

Oleh humas on October 09, 2019

Jakarta (9/10) -- Plt. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Darmin Nasution memimpin rapat internal dengan Pejabat Eselon I Kemenko PMK. Rapat dilaksanakan di ruang rapat lantai 8 Kemenko PMK, Jakarta, Rabu sore(9/10). 

Turut Hadir dalam rapat tersebut, Sesmenko Perekonomian Susiwijono, Staf Ahli Menko PMK Bidang Multikulturalisme, Restorasi Sosial dan Jatidiri Bangsa Haswan Yunaz, Staf Ahli Menko PMK Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif Aris Dharmansyah serta beberapa pejabat Eselon II Kemenko PMK

Oleh humas on October 07, 2019

Jakarta (7/10) -- Guna meningkatkan kualitas lulusan siswa tingkat menengah yang memiliki keahlian, pemerintah telah memutuskan mengembangkan pendidikan vokasi disertai berdirinya politeknik. Hal itu dipercaya dapat mengatasi persoalan meningkatnya pencari kerja setiap tahunnya. 

Pages

Subscribe to RSS - Pendidikan