Perempuan dan Anak

Oleh humas on March 06, 2020

Jakarta (5/3) -- Keseriusan pemerintah dalam upaya merevitalisasi atau menyempurnakan program bimbingan perkawinan (bimwin) dibuktikan antara lain melalui pembangunan situs web bimwim guna memperluas informasi seputar perkawinan secara daring.

Oleh humas on March 04, 2020

Jakarta (4/3) -- Pemerintah terus berkomitmen dalam melayani dan melindungi Pekerja Migran Indonesia (PMI), mulai sejak sebelum bekerja, selama bekerja, dan setelah bekerja sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) No. 18/2017 tentang Pelindungan PMI.

Oleh humas on March 04, 2020

Jakarta (3/3) -- Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Ghafur Dharmaputra, membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ‘Memperkuat Sinergi Kelembagaan dalam Pendataan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Indonesia pada Selasa (3/3) di Jakarta.

Oleh humas on February 26, 2020

Jakarta (25/02) – Sebagai bentuk pelindungan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI), sejak tahun 2015 hingga 2019, pemerintah telah membangun 42 Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di 10 provinsi dan 32 kabupaten/kota di Indonesia. Hal itu merupakan salah satu cara untuk mempermudah CPMI/PMI dalam pengurusan dokumen, mencegah dan mengurangi PMI nonprosedural.

Oleh humas on February 23, 2020

Jakarta (23/2) – Dewasa ini aksi perundungan atau yang sering disebut dengan istilah bullying baik berbentuk kekerasan fisik ataupun psikis marak terjadi di lingkungan sekolah. Salah satu contoh kasus bullying fisik di sekolah menimpa seorang siswa kelas VII di SMPN 38 Pekanbaru, Riau berinisial FA. Beberapa waktu lalu pada November 2019 ia menjadi korban bully fisik oleh teman sekelasnya. FA mengalami babak belur dan hidung patah akibat kepalanya dipukul dan dibenturkan dengan kayu oleh pelaku yang merupakan teman sekelasnya.

Oleh humas on February 21, 2020

Surabaya (20/2) – Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Ghafur Dharmaputra mendorong peningkatan kapasitas perempuan sebagai upaya mengatasi kemiskinan. “Perempuan harus mampu meningkatkan kesehatan dan potensinya melalui pelatihan dan pendidikan agar dapat diperhitungkan dalam seluruh aspek pembangunan”, dituturkan saat menjadi salah satu pembicara pada Festival Kepemimpinan Perempuan dan SDGs.

Oleh humas on February 13, 2020

Jakarta (12/2) -- Tindak pidana perdagangan orang (TPPO) bukan hanya menjadi persoalan di satu negara tertentu, melainkan terjadi di hampir banyak negara. International Organization for Migration (IOM) salah satu organisasi yang menaruh perhatian besar terhadap kasus TPPO, diantaranya yang terjadi di Indonesia dan Ethiopia.

Oleh humas on February 12, 2020

Jakarta (7/2) -- Menindaklanjuti rencana penyusunan Program Sekertariat Gugus Tugas Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Intergratif oleh PAUD HI di tahun 2020-2024, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyelenggarakan bersama sejumlah kementerian/lembaga diantaranya Bappenas, Kemensos, Kemenkes, Kemendibud, Kemendes, dan BPS.

Oleh humas on February 07, 2020

Jakarta (06/20) -- Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Ghafur Dharmaputra memimpin dan memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Identifikasi, Pencegahan dan Penanganan PMI di Daerah Perbatasan, yang diselenggarakan di Kemenko PMK, 6 Februari 2020. Hadir dalam Rakor, Sestama BNP2TKI sebagai narasumber, Deputi Perlindungan BNP2TKI, Deputi Penempatan BNP2TKI, perwakilan dari Kemenaker, Kemenlu, Kemensos, Kemenkes, KPPPA, Ditjen Imigrasi Kemen.Hukum dan HAM, Kemendagri, dan perwakilan BP3TKI Tanjung Pinang, Pekanbaru, Pontianak, Nunukan, NTT, dan Medan.

Oleh humas on February 07, 2020

Jakarta (3/2) -- Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK melakukan pertemuan terkait program dan kegiatan peningkatan keterwakilan perempuan dalam politik di Ruang Rapat Kemenko PMK, Jakarta, Senin (3/2).

Pertemuan dipimpin oleh Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Perempuan Kemenko PMK Roos Diana Iskandar. Hadir beberapa perwakilan KPPI terdiri dari Ketua Umum, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Wakil Bendahara Umum dan Ketua Bidang Media dan Humas) serta didampingi Kepala Bidang Pemenuhan Hak Perempuan Dohardo Pakpahan.

Oleh humas on February 06, 2020

Jakarta (5/2) – Riset mengenai kesetaraan gender dimulai dari perencanaan kebijakan. Kesetaraan gender bukan hanya menjadi tujuan ke-5 Sustainable Development Goals (SDGs), tetapi erat kaitannya dengan 16 tujuan SDGs lainnya.

Hal itu sebagaimana disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Ghafur Dharmaputra saat menutup Roundtable Discussion terkait Laporan Hasil Riset Kesetaraan Gender di Tempat Kerja dari berbagai perusahaan swasta di Australia dan Indonesia.

Oleh humas on February 04, 2020

Jakarta (28/1) -- Masalah kekerasan terhadap anak masih menjadi salah satu isu strategis di Indonesia. Pemerintah berkomitmen akan terus berupaya memperkuat sinergi guna memastikan pemenuhan hak dan perlindungan bagi anak.

Kendati tak dimungkiri, sampai saat ini, upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak masih mengalami kendala terutama pada persoalan data. Mulai dari data heterogen yang tersebar di beberapa instansi sampai dengan sistem pelaporan data.

Oleh humas on January 31, 2020

Jakarta (24/01) – Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Ghafur Dharmaputra membuka Rapat Koordinasi terkait Implementasi Sistem Peradilan Pidana Anak. Rapat dihadiri Kementerian Sosial, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Kesehatan, Bappenas, dan Bareskrim POLRI.

Oleh humas on January 31, 2020

Jakarta (16/01) - Dalam rangka mengoptimalkan peran pemerintah, pemerintah daerah serta  masyarakat dalam mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak seperti yang tertera dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002, pemerintah memfasilitasi penyusunan  Peraturan Presiden tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Oleh humas on January 31, 2020

Jakarta (29/01) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat koordinasi dalam rangka menindaklanjuti penyusunan Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (RAN PPTPPO) periode 2020-2024 di Gedung Kemenko PMK, Jakarta.

Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK Ghafur Dharmaputra menjelaskan perlu adanya penyusunan RAN di tingkat pusat dan RAD di tingkat daerah dalam upaya pencengahan TPPO.

Oleh humas on January 30, 2020

Jakarta (28/1) -- Menindaklanjuti arahan Presiden pada rapat terbatas tanggal 9 Januari 2020 tentang penanganan kasus kekerasan terhadap anak, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat sinkronisasi program kegiatan pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Rapat itu dihadiri oleh perwakilan kementerian/lembaga (k/l) terkait diantaranya Kemenko Polhukam, KPPPA, Kemensos, Kemenkes, Kemendikbud, Kemendagri, Kemenag, Kemenkominfo, Kemenkumham, Bappenas, Bareskrim, Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, BNN, KPAI, dan KPI.

Oleh humas on January 30, 2020

Jakarta (30/1) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat koordinasi pemetaan program terkait penguatan fungsi-fungsi sosial keluarga bersama kementerian/lembaga (k/l) terkait, Kamis (23/1) lalu.

Oleh humas on January 22, 2020

Jakarta (22/1) -- Kementeriaan Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam hal ini Kedeputian Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK menerima kunjungan 100 orang mahasiswa dan mahasiswi serta 2 orang dosen pendamping dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

Oleh humas on January 17, 2020

Jakarta (17/1) -- Sebagai negara demokrasi, bangsa Indonesia tidak lepas dari hiruk pikuk kehidupan politik. Laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam dunia politik. Namun sayangnya, aktivitas kehidupan politik di Indonesia masih didominasi oleh laki-laki. Representasi perempuan sampai saat ini masih terbatas persentasenya dalam politik Indonesia.

Oleh humas on January 14, 2020

Jakarta (14/01) - Kasus kekerasan terhadap anak di Indonesia masih mengkhawatirkan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, kasus kekerasan terhadap anak naik signifikan dari 1.975 pada tahun 2015 menjadi 6.820 pada 2016. Presiden Joko Widodo sangat menggarisbawahi adanya tren peningkatan kasus kekerasan terhadap anak yang dilaporkan.

Oleh humas on January 10, 2020

Jakarta (10/1) -- Kasus kekerasan terhadap anak di Indonesia masih mengkhawatirkan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, kasus kekerasan terhadap anak naik signifikan dari 1.975 pada tahun 2015 menjadi 6.820 pada 2016.

Oleh humas on December 26, 2019

Jakarta (26/12)--- Kedeputian bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko PMK, pada 10-12 Desember 2019 lalu melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terpadu pelaksanaan program perlindungan perempuan dan anak di kota Batam.  Kota Batam dipilih menjadi lokasi kegiatan Monev terpadu ini mengingat maraknya tindak TPPO, KDRT dan kekerasan terhadap anak akibat dari dampak negative pembangunan industri di wilayah ini
 

Oleh humas on December 23, 2019

Semarang (22/12) -- Pemerintah Pusat menggelar acara Puncak Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 di Semarang, Jawa Tengah. Acara dihadiri Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin, Istri Wakil Presiden RI. Turut serta beberapa menteri kabinet kerja, termasuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Muhadjir mengungkapkan bahwa Hari Ibu lahir dari sebuah pergerakan perempuan bangsa Indonesia. Pada masa memperjuangkan kemerdekaan, perempuan turut berperan dan memantapkan kedudukannya di dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh humas on December 22, 2019

Jakarta (18/12) - Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Ghafur Dharmaputra menyampaikan keynote speech pada Women Take Over: Leading in a Day yang diselenggarakan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) di Hotel The Dharmawangsa pada Rabu malam, 18 Desember.

Oleh humas on December 21, 2019

Bandung (21/12)--- Memajukan dan membangun manusia tentu tidak terlepas dari peran budaya dan akan selalu inheren dengan seluruh aspek kehidupan manusia. Terdapat tiga aspek penting nilai budaya yang mengarahkan manusia menjadi sosok yang berbudi luhur, unggul dalam pemikiran, serta mampu memelihara arti kemanusiaannya yaitu logika, etika, dan estetika. 

Pages

Subscribe to RSS - Perempuan dan Anak