Oleh humas on February 14, 2020

Semarang (14/2) -- Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Agus Suprapto mewakili Menko PMK Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/2).

Agus menjelaskan kunjungan ini dilakukan untuk melihat kesiapan RS dalam menghadapi pandemi penyakit, tidak terkecuali Covid-19 atau yang lebih dikenal virus korona yang dewasa ini masih terus diwaspadai keberadaanya.

"Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melihat kesiapan rumah sakit dalam melayani pasien dalam pengawasan dan atau terduga terinfeksi penyakit beresiko pandemi. Saat ini yang lagi "hot" dicermati adalah adanya resiko penyebaran Covid-19," jelas Agus.

Kunjungan ini juga dilakukan untuk melihat kesiapan fasilitas, prosedural, dan tenaga medis yang dimiliki rumah sakit.

"Jadi kita selain ingin melihat kesiapan SPO (standar pelayanan operasional), juga melihat kesiapan orang, prasarana, juga kesiapan ruangannya yang sesuai standar yang ada di rumah sakit ini," lanjutnya.

RSUP Dr. Kariadi merupakan salah satu rumah sakit pusat rujukan di Provinsi Jawa Tengah. Karena itu RSUP Dr. Kariadi melakukan persiapan dari segi sarana prasarana, dan standar pelayanan pasien Covid 19 bila sewaktu-waktu kasus ini terjadi.

Agus dalam kunjungannya melihat fasilitas instalasi gawat darurat (IGD) beserta ruang isolasi bertekanan negatif yang sudah disediakan dengan baik, jika dibutuhkan untuk pasien terduga Covid-19. Sebanyak 8 ruang isolasi lainnya juga dalam posisi siap, jika dibutuhkan.

Dari segi kesiapan, Agus menyatakan RSUP Dr. Kariadi sudah siap menerima penderita Covid-19 apabila ada kasus yang terjadi. Agus meminta pengelola RS untuk memaksimalkan pula sistem manajemen informasi RS beserta jejaring fasilitas kesehatan lainnya.

"Saya kira soal teknologi sudah siap, SPO mereka sudah berlatih. Tinggal bagaimana mempersiapkan pengelolaan informasi antar faskes, ke media dan masyarakat yang sesuai kebutuhan" pungkas Agus.

Kategori: 

Reporter: 

  • Novrizaldi