Beragam Program Untuk Kesejahteraan Rakyat

Kemenko PMK memiliki tugas membantu Presiden dalam mengkoordinasikan, menyinkronkan, mengendalikan perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan-kebijakan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Paling tidak, terdapat tiga hal urusan dalam bidang PMK.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) awalnya bernama Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra). Perubahan dilakukan karena menyesuaikan nomenklatur kementerian Presiden Joko Widodo. Meski namanya diubah, tugas yang ditangani Kemenko PMK hampir sama dengan Kemenko Kesra. Kemenko PMK diantaranya membawahi kementerian yang fokus pada isu kesehatan, pendidikan dan sosial, dan kebudayaan.

Globalisasi, bagaimanapun telah menciptakan arena baru berupa kompetisi antar masyarakat atau warga dunia dalam bentuk kompetisi SDM maupun sumberdaya alam. Kondisi tersebut memberikan konsekuensi logis perlunya suatu bangsa meningkatkan kualifikasi dan mutunya secara terus menerus. Termasuk dengan Indonesia. Tugas untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia pun ada di pundak Kemenko PMK, khususnya dalam hal Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian.

Dalam bidang PMK, paling tidak terdapat tiga hal urusan yang dijalankan Kemenko PMK. Tiga hal tersebut ialah, Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Pemberdayaan Rakyat serta Pembangunan Karakter.