Oleh humasnew on March 12, 2018

Jakarta(12/03)-- Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Prof Agus Sartono, memimpin rapat koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2018, di ruang rapat lantai.3 Kantor Kemenko PMK. Turut Mendampingi Agus dalam kesempatan ini Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Muhajirin Yanis; serta  Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso.

Persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji untuk tahun 1439H/2018 M mulai dipersiapkan sedini mungkin. Walaupun telah dilaksanakan setiap tahunnya, namun pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan penyelenggaraan ibadah haji. “Untuk penyelenggaraan haji di tahun 2018 kita dapat berkaca dari tahun 2017. Sejauh ini sudah semakin baik sistemnya.” Tutur Agus saat membuka rapatnya. 

Menurut Agus, walaupun pelayanan penyelenggaraan ibadah haji sudah baik, namun harus terus mengimbau agar pemerintah jangan sampai lengah. "Hal ini menjadi konsen Menko PMK, walaupun sudah baik tapi jangan lengah. Justru harus terus jadi perhatian kita.”Ujarnya.

Dalam kesempatan ini Kementerian Agama memaparkan delapan point persiapan operasional haji yaitu, kesiapan regulasi, pembinaan ibadah, kesiapan rekrutmen petugas haji, kesiapan dokumen dan perlengkapan haji, kesiapan penerbangnan haji, kesiapan layanan asrama haji, penetapan BPIH, hingga kesiapan layanan di Arab Saudi. Jumalah kuota jamaah haji tahun ini sebanyak 221.000 jamaah. Sementara itu Dirjen Perhubungan Udara juga tengah melakukan persiapan kegiatan angkutan udara haji.

Kementerian kesehatan juga telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama terkait persiapan Ibadah Haji. Pemeriksaan dan pembinaan daerah kini tengah berlangsung di masing masing Kabupaten/Kota calon jamaah. Rekrutmen petugas kesehatan haji juga dilakukan lebih awal agar dapat melakukan pelatihan lebih awal. Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, dalam fasilitas keimigrasian  untuk ibadah keagamaan memberikan kemudahan dan penyederhanaan dalam pengurusan penerbitan paspor bagi calon jamaah haji. Dalam hal ini disiapkan loket khusus pelayanan ibadah haji di setiap kantor imigrasi. Selein itu juga tentang kemudahan dalam proses embarkasi/debrakasi bagi jamaah calon haji/jamaah haji.

Diakhir rapatnya Agus menegaskan agar dalam segi persiapan di periksa lagi dan dimatangkan. Agus juga meminta kepada K/L terkait untuk membuat draf sebagai bahan untuk Rapat Tingkat Menteri. “Ini adalah komitmen pemerintah untuk merealisasikan apa yang telah menjadi instruksi Presiden.” Pungkas Agus.

Turut hadir dalam Kesempatan ini, Kemendagri, Sekretaris Kabinet, Bappenas, dan Mabes TNI.

 

Categories: