Deputi IV Kemenko PMK Siap Jalankan Program/Kegiatan di 2021

Jakarta (11/1) -- Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat identifikasi dan sinergi program/kegiatan tahun 2021 di Hotel Harris Vertu, Jakarta, Senin (11/1).

Rapat tersebut untuk mempersiapkan sekaligus mematangkan program/kegiatan di Deputi IV dalam rangka menyongsong anggaran baru di tahun 2021. Harapannya, setiap program/kegiatan dapat terencana dan terlaksana dengan baik.

Femmy Eka Putri Kartika selaku Deputi mengatakan bahwa dalam merencanakan program/kegiatan harus mengacu pada visi misi Presiden yang dijabarkan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

"Ada target dan sasaran di RPJMN. Dalam isu pembangunan anak, perempuan, dan pemuda, kita sudah punya beberapa target indeks diantaranya indeks perlindungan anak, indeks pembangunan keluarga, dan indeks pembangunan pemuda. Indeks itulah yang harus kita capai," ujarnya seraya memimpin rapat.

Selain itu, Femmy juga mengingatkan di tahun 2020, Deputi IV telah memperoleh penghargaan sebagai Unit Kerja Pelayanan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dalam Anugerah Zona Integritas (ZI).

Menurutnya, hal itu merupakan suatu prestasi yang mempunyai konsekuensi tidak ringan dalam pelaksanaannya. "Kita harus mengubah diri kita, mereformasi diri kita, supaya jiwa kita mengarah pada award tersebut," tegas Femmy.

Lebih lanjut, di era pandemi sekarang, Femmy meminta kepada seluruh pegawai khususnya di lingkup Deputi IV agar memperhatikan betul arahan Menko PMK. Bahwasanya, penyaluran serta pemanfaatan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat juga harus diperhatikan.

"Kita harus bisa melihat apa yang terjadi di masyarakat. Sekali-kali bansos itu dicek apakah betuk dipergunakan untuk anak sekolah dan jangan sampai dipakai untuk membeli rokok oleh bapaknya," cetus Femmy.

Ia pun kembali menegaskan agar dalam 100 hari ke depan, isu-isu strategis yang ada di masyarakat dapat segera terselesaikan. Mulai dari kekerasan terhadap perempuan dan anak maupun peningkatakan kapasitas kepemudaan.

Reporter: