Guna Dukung Komunikasi Publik, Deputi 4 Kemenko PMK Bentuk Tim Medsos

Jakarta (26/1) -- Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK (Deputi 4) Femmy Eka Kartika Putri menyampaikan bahwa pemerintah harus memberikan informasi kepada masyarakat secara kreatif dan inovatif berkaitan dengan kinerja yang dilakukan.

"Oleh karena itu masyarakat harus mengetahui apa yang kita lakukan, salah satu medianya menggunakan medsos (media sosial)," jelas Femmy saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Medsos bekerjasama dengan Bagian Humas Kemenko PMK, pada Selasa (26/1).

Lebih lanjut, Deputi Femmy mengatakan, penyebaran informasi kebijakan dan kegiatan yang dilakukan pemerintah kepada publik merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap unit instansi yang ada di Kemenko PMK. 

"Ini sejalan dengan Peraturan Menko PMK Nomor 6 Tahun 2018 mengenai Layanan Informasi Publik di Lingkungan Kemenko PMK," tuturnya.

Pelatihan peningkatan kapasitas pengelolaan medsos yang diselenggarakan Deputi 4 ini diikuti oleh seluruh pegawai Deputi 4 baik secara luring di Kantor Kemenko PMK dan daring via aplikasi zoom.

Agenda pelatihan tersebut, terang Deputi Femmy, sekaligus membentuk tim medsos Deputi 4 dan pelatihan peningkatan kapasitas pengelolaan medsos.

"Agar kedepan kita selalu update dengan isu-isu yang berkaitan dengan anak, perempuan, pemuda dan keluarga," terang dia 

Narasumber dari Bagian Humas Kemenko PMK Ihti Oktarina yang merupakan Tim Medsos Kemenko PMK memberikan penjelasan dan wawasan mengenai pengelolaan media sosial yang tepat, meliputi: pemilihan bahasa, konten, kesinambungan konten yang dikelola dengan konten media sosial Kemenko PMK, serta pemilihan waktu yang tepat untuk publikasi.

Ihti selaku narasumber menekankan bahwa media sosial merupakan media informasi dan komunikasi yang sifatnya dua arah. Membentuk media sosial untuk instansi, juga harus siap menerima kritik dan masukan dari masyarakat dan warganet.
 
Linda Restaningrum, Sekretaris Deputi 4, menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan kegiatan awal bagi Tim Medsos Deputi 4. Dia mengatakan, Ke depan akan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan dan pengembangan yang mengundang praktisi untuk membahas yang lebih detail lagi mengenai desain, editing video dan pelatihan lainnya yang dibutuhkan.

Untuk menunjang pembentukan tim medsos, maka perlu disusun Surat Keputusan (SK) Tim Media Sosial Deputi 4 Kemenko PMK sebagai dasar dalam menjalankan mekanisme pengelolaan media sosial tersebut. (*)