Hari Santri, Momentum Semangat Bangun Indonesia Lebih Baik

KEMENKO PMK – Peringatan Hari Santri akan digelar pada 22 Oktober mendatang. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berpesan agar peringatan Hari Santri tersebut dapat dijadikan momentum untuk semangat membangun Indonesia yang lebih baik.

“Mari terus kita kobarkan dan kita jadikan Hari Santri 2021 ini momentum untuk mengobarkan semangat membangun Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang, terutama di masa pandemi ini,” ungkap Muhadjir didampingi Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Agus Sartono saat menghadiri Peluncuran Peringatan Hari Santri 2021 di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (21/9).

Peringatan Hari Santri 2021 mengusung tema Santri Siaga Jiwa Raga. Itu diartikan sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Menurut Menko PMK, selama pemerintahan Presiden Joko Widodo telah menunjukkan adanya perhatian yang sangat tinggi terhadap pondok pesantren dan para santri. Bahkan, peringatan Hari Santri sejatinya sudah sejak tujuh tahun lalu dicanangkan oleh Presiden Jokowi dengan serangkaian kegiatan yang bermakna bagi kepentingan Bangsa Indonesia.

“Dengan disahkannya UU No. 18/2019, artinya bahwa pesantren dan para santri telah berada di arus utama Sistem Pendidikan Nasional. Ini adalah suatu pengakuan yang tidak ternilai harganya untuk kepentingan kita semua membangun Indonesia ke depan dengan penuh rahmatan lil’alamin,” ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Muhadjir juga mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi program-program dari Kemenag. Dengan dikomandoi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, program-program pemerintah khususnya terkait keagamaan saat ini terus menebar semangat Islam yang moderat.

“Moderasi umat beragama Islam yang rahmatan lil’alamin,” tandas Menko PMK.

Kontributor Foto:
Reporter: