Kemenko PMK Dorong Aksi Nyata Revolusi Mental di Daerah

Kemenko PMK mengingatkan peran penting Gugus Tugas Daerah (GTD) dalam pelaksanaan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Gugus Tugas harus mendorong aksi nyata 5 Gerakan Revolusi Mental.

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar Sosialisasi GNRM di Ruang Sidang, Balai Kota Malang, Rabu (6/4)). Berkolaborasi dengan Kedeputian Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olah Raga, Kemenko PMK, kegiatan ini juga melibatkan Bakesbangpol Provinsi  Jawa Timur (Jatim).

Kegiatan dibuka dengan Keynote Speech dari Wali Kota Malang, Sutiaji dengan materi pelaksanaan Revolusi Mental di Kota Malang. Sutiaji dalam kesempatan itu mengajak semua pihak untuk  berkolaborasi  membangun generasi emas bermartabat di era disrupsi. “Revolusi mental harus dimulai dari diri sendiri dan didasari pada nilai-nilai keagamaan dan budaya lokal, “tegas Sutiaji.

Dalam kesempatan itu, Asisten Deputi Revolusi Mental Kemenko PMK, Katiman Kartowinomo memberikan arah kebijakan dan penajaman pelaksanaan program GNRM tahun 2022. “Yang perlu didorong saat ini adalah aksi nyata 5 gerakan revolusi mental yang melibatkan semua unsur di Kota Malang, “tegasnya di hadapan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  yang tergabung dalam Gugus Tugas GNRM Kota Malang.

Katiman juga mendorong Prov Jatim untuk mempercepat pembentukan GTD di 19 kab/kota di Jatim yang belum membentuk GTD GNRM. “Peran GTD sangat penting, maka harus segera dibentuk dan diaktivasi. Sedang yang sudah diaktivasi, harus semakin dipertajam dan diperkuat, “tegas Katiman.

Menjawab tantangan tersebut, perwakilan Bakesbangpol  Jatim memberikan tanggapan dengan mengingatkan perlu adanya koordinasi antar GTD kota/kab di wilayah Prov Jatim agar pelaksanaan GNRM lebih optimal. Disebutkan pula oleh perwakilan Bakesbangpol atas  kurangnya komitmen beberapa kepala daerah dalam pelaksanaan GNRM.

Dalam kesempatan itu, tim Keasdepan Revolusi Mental juga memberikan bimbingan teknis pelaporan pelaksanaan GNRM melalui aplikasi SiMonev.  Harapannya praktik baik revolusi mental yang sudah dilakukan di Kota Malang dapat terhimpun datanya sebagai bahan laporan kepada Presiden.

Kontributor Foto:
Reporter: