Kemenko PMK Gelar Pelatihan Pengarusutamaan Gender

Jakarta (23/7) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan pelatihan pengarusutamaan Gender (PUG) yang diikuti oleh pegawai perwakilan masing-masing unit, baik di kedeputian maupun setmenko.

Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK Ghafur Dharmaputra mengatakan bahwa pelatihan tersebut dalam rangka upaya mendorong percepatan pelaksanaan PUG di lingkungan Kemenko PMK.

"Upaya itu dilakukan melalui peningkatan kapasitas para perencana program atau kegiatan tentang Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG)," ujarnya saat membuka secara resmi kegiatan pelatihan PUG yang akan berlangsung dua hari, 23-24 Juli 2020 di Ruang Rapat Lantai 14, Kemenko PMK, Jakarta.

Sebagaimana diketahui, isu gender sebagai cross cutting issues telah menjadi salah satu isu prioritas di semua bidang pembangunan. Sejalan dengan amanat Instruksi Presiden No. 9/2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional dan Peraturan Presiden No. 18/2020 tentang RPJMN 2020-2024.

"Bahwa dalam pelaksanaan PUG harus terintegrasi dalam semua kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan yang ada di semua kementerian/lembaga serta pemerintah daerah," jelasnya.

Ia pun mengungkapkan keberhasilan pelaksanaan PUG ditandai dengan adanya pengintegrasian gender ke dalam sistem perencanaan dan pengamggaran di kementerian/lembaga.

Usai pembukaan resmi, kegiatan pelatihan langsung dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para peserta maupun narasumber dan moderator wajib memakai masker dan diatur jarak antarpeserta pelatihan minimal 1 (satu) meter.

"Supaya kita bersama-sama bisa merasa aman, maka tetap saling menjaga dengan mematuhi protokol kesehatan seperti yang sudah kita terapkan selama menjalani Work From Office (WFO) di tengah pandemi," tandasnya.

Kontributor Foto:
Reporter: