Kemenko PMK Lakukan Verifikasi Lapangan Implementasi GERMAS

KEMENKO PMK - Sebagai koordinator pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di lingkup Kementerian dan Lembaga (K/L), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melakukan verifikasi lapangan Pelaksanaan Pembudayaan GERMAS di internal K/L. 

Penilaian pelaksanaan GERMAS yang melibatkan tim dari K/L (Kemenko PMK, Kemenkes, Sekretariat Kabinet, Bappenas, Kemendagri serta BRIN) bertujuan untuk mengetahui Implementasi nyata yang dilakukan di setiap K/L. Nantinya, kepada K/L yang telah membudayakan GERMAS  dengan baik dalam kegiatan sehari-hari akan diberikan penghargaan/apresiasi. Adapun verifikasi lapangan implementasi GERMAS di lingkup K/L sudah dilaksanakan sejak Agustus 2022 lalu.

Sebagaimana diketahui, GERMAS merupakan salah satu poros untuk menghasilkan SDM berkualitas dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif. Hal ini merupakan langkah yang tepat untuk mengurangi angka mortalitas dan morbiditas yang disebabkan oleh penyakit tidak menular (PTM) maupun menular.

Pembudayaan GERMAS telah tertuang didalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Dalam Inpres tersebut telah diatur pelaksanaan Germas dari tingkat K/L, pemerintah daerah, hingga lingkup masyarakat.

“Tantangan terbesar GERMAS adalah bagaimana pilar-pilar GERMAS dapat merubah perilaku masyarakat. Sehingga, GERMAS menjadi budaya pada setiap aspek kehidupan masyarakat. Tidak hanya dipraktekkan saat pelaksanaan penilaian, tapi berkelanjutan dan menjadi budaya di setiap K/L dan masyarakat. Dan untuk membuatnya menjadi budaya, perlu dimulai dari lingkup terkecil terlebih dahulu seperti lingkungan tempat kita bekerja,” ujar Analis Kebijakan Ahli Madya sekaligus Koordinator Kelompok Promosi Kesehatan Kemenko PMK, pada Rapat Verifikasi Penilaian Implementasi GERMAS di Kementrian/Lembaga , Senin (24/10).

Dalam  penilaian Germas dan verifikasi lapangan tersebut, dilakukan  melalui beberapa tahapan, mulai dari seleksi administrasi dan dokumen 85 K/L, penilaian  dokumen sebanyak 35 K/L, pemaparan oleh 7 K/L sesuai rapat pleno kemuadian ada 5 K/L  yang pada hari Senin – Selasa, tanggal 24-25 Oktober 2022 dilakukan verifikasi lapangan untuk melihat implementasi nyata, salah satunya di Kementerian PAN-RB.

Penilaian Implementasi Pembudayaan GERMAS diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan semangat K/L  dalam pembudayaan Germas di lingkungan kerja masing-masing dengan kegiatan yang menyehatkan, karena sekarang sudah banyak sekali penyakit tidak menular yang menjadi tren.

"Saya berharap komitmen dan konsistensi dari K/L melaksanakan GERMAS, tidak hanya sebagai kebutuhan penilaian. Pelaksanaan gerakan yang baik ini kita harapkan ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari, dan didiseminasikan sehingga bisa menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Indonesia," tuturnya.

Sebagai tambahan, berikut beberapa kegiatan pembudayaan GERMAS di lingkungan kerja masing-masing yang perlu dilakukan, yakni peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, dan peningkatan edukasi hidup sehat. 

Turut hadir Kepala Bidang Kesehatan Kependudukan dan Keluarga Berencana Sekretaris Kabinet selaku verifikator GERMAS.

Kontributor Foto:
Reporter: