Kemenko PMK Pantau Perkembangan Penyaluran Bantuan Pendidikan PascaKunker Menko PMK di Tiga Kabupaten di Jateng

Jakarta (09/08)--- Pascakunjungan kerja Menko PMK pertengahan Maret 2019 lalu, melalui Kedeputian terkait yaitu Kedeputian bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, digelar rapat koordinasi yang membahas mengenai perkembangan terkini penyaluran bantuan pendidikan yang diberikan Menko PMK secara simbolis saat Kunkernya ke wilayah Solo Raya itu. Terdapat tiga kabupaten yang dikunjungi Menko PMK dan diberikan banyak bantuan antara lain untuk Kab Karanganyar, Sukoharjo, dan Sragen. Kunker Menko PMK itu sendiri berlangsung selama tiga hari mulai 15 hingga 18 Maret 2019.
 
“Pada kesempatan ini, Kami ingin mengetahui bagaimana bantuan itu tersalurkan, apakah sudah semuanya diterima oleh Penerima Bantuan atau jika sedang masih dalam proses penyaluran, kami akan dorong terus percepatan penyalurannya,” kata Asisten Deputi Pendidikan Menengah dan Keterampilan Bekerja, Kemenko PMK, R Wijaya Kusumawardhana saat membuka dan memberikan arahannya dalam Rakor Jumat siang tadi di ruang rapat lt.6 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Turut hadir dalam Rakor para Perwakilan direktorat terkait Kemendikbud yang menyalurkan bantuan pendidikan. “Kami mengharapkan masukan dan laporan dari dinas terkait yang ada untuk kemudian Kami laporkan kepada Ibu Menko PMK.”
 
Bantuan untuk sektor pendidikan itu dalam Rakor diketahui rata-rata sudah dan sedang dalam proses penyaluran.  Untuk bantuan semacam laboratorium komputer dan informatika misalnya, Kemendikbud mengaku menggelar bimbingan teknis untuk para guru atau pengajar yang nantinya menjadi operator komputer. Bantuan lain yang sudah disalurkan ada alat permainan edukasi untuk TK dan PAUD; rehabilitasi dan revitalisasi sekolah; workshop ilmiah untuk para guru; bahan bacaan untuk anak; pendidikan kecakapan kerja dan pendidikan kewirausahaan; Kartu Indonesia Pintar; Bantuan Operasional Pendidikan, dan sebagainya. (*)