Kemenko PMK Segera Luncurkan Gerakan Gotong Royong Membangun SDM Berkualitas Melalui PAUD HI

Jakarta (27/8) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) akan segera meluncurkan gerakan gotong royong membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas melalui Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI).

Asisten Deputi PAUD, Dikdas, dan DikmasKemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri menjelaskan bahwa urgensi peluncuran gotong royong membangun SDM berkualitas melalui PAUD HI didasari salah satunya oleh Peraturan Presiden No. 60/2013 tentang PAUD HI. Diperkuat dengan terbitnya Permenko PMK No. 1/2019 tentang Sub Gugus Tugas PAUD HI sebagai Pelaksana Gugus Tugas PAUD HI yang diketuai oleh Menko PMK.

"PAUD HI merupakan upaya gotong rotong pemerintah, baik pusat, daerah, maupun pemerintah kabupaten/kota. Jadi mari kita ledakkan gotong royong membangun SDM berkualitas melalui PAUD HI ini secara bersama-sama," ujarnya saat memimpin Rakor Persiapan Launching Gotong Royong Membangun SDM Berkualitas Melalui PAUD HI di Ruang Rapat Lantai 3, Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (27/8).

Mengingat pentingnya peluncuran tersebut, sejumlah kementerian/lembaga (k/l) terkait terutama yang hadir dalam rakor sepakat untuk mencari waktu pelaksanaan yang tepat sehingga Menko PMK dan juga para menteri lainnya dapat menghadiri acara peluncuran.

Femmy pun mengungkapkan, PAUD HI telah masuk di rancangan teknokratik RPJMN 2020-2024 pada bagian peningkatan tata kelola pembangunan pendidikan, strategi pembiayaan, dan peningkatan efektivitas pemanfaatan anggaran pendidikan khususnya pada peningkatan koordinasi lintas sektor dan antar tingkatan pemerintahan dalam penguatan PAUD HI.

"Kegiatan yang terkait dengan PAUD HI akan dapat dibiayai oleh dana desa 2020 karena telah masuk di dalam Rancangan Permendesa PDTT tentang Prioritas Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2020," pungkas Femmy.

Hadir dalam rakor Asisten Deputi Bidang Ketahanan Gizi, KIA, dan Kesehatan Lingkungan Kemenko PMK Meida Octarina serta perwakilan k/l seperti Kemendikbud, Kemenag, Bappenas, hingga KOMPAK.

Kontributor Foto:
Reporter: