Seskemenko PMK Pimpin Delegasi RI dalam Sidang Pilar Sosial Budaya ASEAN 

Jakarta (17/6) – Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Sesmenko PMK) Y.B Satya Sananugraha sebagai SOCA Leader Indonesia memimpin delegasi Republik Indonesia dalam Sidang Koordinasi Pilar Sosial Budaya ASEAN ke-15 (15th Coordinating Conference on the ASEAN Socio-Cultural Community (SOC-COM)), Rabu (17/6).

Sidang SOC-COM merupakan forum tahunan di bawah Pilar Sosial Budaya ASEAN yang mendiskusikan berbagai isu lintas-sektoral dan lintas-pilar. Sidang diikuti oleh SOCA Leader dari seluruh Negara Anggota ASEAN, Chair Pilar Politik dan Keamanan ASEAN, Chair Pilar Ekonomi ASEAN, Chair dan Vice Chair Badan Sektoral Pilar Sosial Budaya ASEAN, serta perwakilan entitas ASEAN lainnya. 

Pertemuan SOC-COM ke-15 yang dilakukan secara telekonferensi ini mendiskusikan berbagai isu di bawah Pilar Sosial Budaya ASEAN, termasuk berbagai inisiatif ASEAN dalam menangani COVID-19, penyusunan narasi Identitas ASEAN, serta perkembangan Reviu Paruh Waktu Cetak Biru Pilar Sosial ASEAN 2025.

Dalam sidang tersebut, Indonesia menyampaikan dukungannya terhadap Kerjasama ASEAN dalam penanganan COVID-19. Indonesia juga telah mengusulkan berbagai inisiatif, salah satunya adalah pendirian ASEAN Plus Three Task Force yang diusulkan oleh Presiden RI pada KTT ASEAN Plus Three on COVID-19 pada tanggal 14 April 2020 lalu.

“Pembentukan gugus tugas ini bertujuan untuk mempermudah koordinasi dan kerja sama dalam memperkuat ketahanan kawasan ASEAN dalam menghadapi potensi pandemi di masa mendatang,” ujar Sesmenko PMK.

Pada kesempatan tersebut, Indonesia juga menyampaikan informasi mengenai perkembangan penyusunan narasi Identitas ASEAN yang prosesnya dipimpin oleh Kemendikbud selaku Chair untuk badan sektoral Pejabat Tinggi Kebudayaan ASEAN (Senior Officials Meeting on Culture and Arts (SOMCA)) Indonesia.

“Saat ini, draf awal narasi Identitas ASEAN telah disirkulasikan dan mendapat masukan dari 26 badan sektoral di tiga Pilar ASEAN. Setelah draf narasi disepakati oleh tiga Pilar ASEAN, rencananya narasi Identitas ASEAN akan diajukan untuk diadopsi Para Pemimpin Negara ASEAN pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-38 tahun 2021,” pungkas Y.B Satya Sananugraha.

Kontributor Foto:
Reporter: