Bangun Karakter Melalui Beasiswa LPDP

Jakarta (3/11) -- Menyongsong bonus demografi pada tahun 2030, pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satunya melalui pemberian beasiswa oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kepada siswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Sartono mengungkapkan bahwa tujuan utama pendidikan adalah untuk membangun karakter.
 
"Pendidikan itu memang tujuannya membangun karakter peserta didik, bukan sekadar membuat Anda cerdas, cerdik dan pandai. Cerdas, cerdik, dan pandai tanpa karakter justru akan jauh lebih rusak," ujarnya saat mewakili Menko PMK Muhadjir Effendy menjadi narasumber acara LPDP yang digelar daring, Senin (2/11).

Melalui pemberian beasiswa LPDP, menurut Agus, pemerintah berharap lulusan perguruan tinggi selain cerdas juga memiliki integritas sebagai karakter anak bangsa.

Ia menilai penting karakter integritas karena hal itulah yang menurutnya akan menjaga nilai-nilai kebangsaan. Baik saat menjadi mahasiswa di dalam maupun luar negeri ataupun ketika lulus dan nantinya terjun ke dunia kerja.

"Jaga integritas kalian. Hidup kalian akan meaningless kalau kalian mengorbankan integritas, begitu juga karir kalian bisa hancur," tegas Agus seraya berpesan kepada para calon, mahasiswa, dan alumni penerima beasiswa LPDP.

Mantan Atase Pendidikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia, Canberra, Australia, itu juga menyatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan jumlah angkatan lulusan perguruan tinggi di Indonesia.

Pasalnya, saat ini jumlah angkatan kerja lulusan perguruan tinggi di Tanah Air masih sangat minim yaitu hanya sekitar 13%. Sementara jumlah pencari kerja juga terus meningkat setiap tahunnya berkisar 1,3 juta orang.

"Ini menjadi tantangan yang tidak mudah dan harus kita selesaikan. Dengan memberikan beasiswa ini saya harapkan ke depan kita akan mencetak lebih banyak lulusan perguruan tinggi yang berkualitas dan bisa bersaing hingga ke pasar global," pungkas Agus.

Kontributor Foto:
Reporter: