Gotong Royong dan Tombak 'Trisula' Untuk Tangani Covid-19 

Jakarta (16/4) -- Indonesia saat ini tengah menghadapi pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) yang jumlah kasusnya terus meningkat setiap hari. Penyebaran virus korona baru ini sangat masif, hampir seluruh negara di dunia terkena dampaknya. 

Pemerintah Indonesia diketahui telah mulai mengantisipasi virus ini sejak jauh-jauh hari. Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan, ketika Negara Cina perdana mengumumkan kasus ini sebagai keadaan luar biasa, pemerintah telah menyiapkan langkah-langkah penanganan.

"Kalau kita lihat dari awal ketika RRT (Republik Rakyat Tiongkok) melaporkan keadaan luar biasa kita sudah membahas proses antisipasi pemulangan WNI di luar negeri, hingga penanganan sampai di dalam negeri, dan ketika kasus ditemukan di dalam negeri kita sudah menyiapkan langkah-langkahnya," ujar Muhadjir saat menjadi narasumber dalam program Good Morning Jakarta, Kamis (16/4).

Menurut Menko PMK, secara sistematis pemerintah sudah melakukan langkah-langkah penanganan yang diperlukan. Penanganan yang dilakukan menurutnya tidak dilakukan secara terburu-buru, tetapi dilakukan dengan berhati-hati dan memperhatikan perkembangan kasus.

Saat ini, lanjut Muhadjir, pemerintah memfokuskan penanganan dampak Covid-19 dengan menggunakan Tombak 'Trisula'. Mulai dari sektor kesehatan, sektor sosial,  dan sektor ekonomi menjadi fokus pemerintah dalam penanganan kasus Covid-19 ini.

"Sekarang kita menggunakan tiga ujung tombak atau trisula sektor kegiatan untuk penanganan Covid-19 ini. Satu untuk sektor kesehatan, kedua membangun perlindungan sosial, ketiga melindungi dunia usaha jangan sampai hancur. Kalaupun sampai turun drastis akarnya jangan sampai keropos," katanya.

Pemerintah tidak bisa mengatasi persoalan ini sendiri. Menurut Muhadjir gotong royong dan solidaritas semua pihak mulai dari kelompok masyarakat, pemerintah, hingga pemerintah daerah sangat diperlukan agar penanganan pandemi ini sukses. 

"Kita harus saling bahu membahu, mendukung bersama-sama mengatasi Covid-19 ini. Semakin cepat semakin baik, dan itu perlu kerja keras gotong royong semua pihak untuk mengatasi ini," pungkas Menko PMK.

Reporter: