Olahraga Wujudkan SDM Unggul

Jakarta (2/9) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menerima audiensi dari Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI). Audiensi membahas rencana pengembangan program Indonesia Bugar 2020-2045 yang diinisasi oleh FORMI.

Ketum FORMI Hayono Isman menyampaikan, rancangan Indonesia Bugar 2020-2045 akan berisi program peningkatan kesehatan dan kebugaran masyarakat Indonesia melalui pengembangan olahraga masyarakat seperti olahraga rekreasi dan olahraga tradisional. 

Menko PMK mengapresiasi keseriusan dan FORMI yang memperjuangkan bidang olahraga nasional untuk menuju masyarakat Indonesia yang lebih unggul. Menurutnya, rancangan yang ditawarkan FORMI bisa diteruskan ke dalam rancangan Undang-Undang Olahraga Nasional.

"Saya sangat menghargai keseriusan dan kesungguhan FORMI dalam menyampaikan aspirasinya. Untuk menyongsong Indonesia yang lebih baik lebih sehat baik jasmani dan rohani," terang Menko PMK pada Rabu (2/9).

Lebih lanjut, Menko PMK mengatakan, menjaga kebugaran adalah hal yang penting untuk mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki daya saing. Karenanya, olahraga rekreasi untuk masyarakat penting pula untuk dijadikan perhatian.  

"Kita mungkin tepat berfokus pada olahraga prestasi, tetapi juga olahraga rekreasi yang juga tidak kalah penting. Harus dicari formula yang tepat dan terpadu untuk mengembangkannya," pungkasnya.

FORMI menyampaikan, salah satu tujuan dari program yang digagas adalah untuk mewujudkan generasi emas 2045 dan memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tinggi. FORMI saat ini juga mengembangkan program-program kegiatan dengan menerapkan prinsip 5M (Murah, Meriah, Menarik, Manfaat, dan Massal) agar dapat meningkatkan antusias masyarakat Indonesia dalam melakukan aktivitas fisik. (*)

Kontributor Foto:
Reporter: