Kemenko PMK Koordinasikan Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019

Jakarta (29/10) -- Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia Kemenko PMK, Ade Rustama, Selasa pagi tadi memimpin rapat koordinasi terkait persiapan Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019. Rapat yang berlangsung di Ruang Taskin tersebut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Sosial, Kementerian Pemuda dan Olaharga, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Tenaga Kerja, Kemenkes, Kemendagri, Kemendes PDTT dan stakeholder terkait lainnya. 

Dalam pembukaannya, Ade mengatakan Hari Disabilitas Internasional (HDI) telah diperingati sejak tahun 1992 untuk membangkitkan kesadaran dan memobilisasi dukungan atas isu krusial mengenai inklusifitas disabilitas dalam masyarakat dan pembangunan. Di Indonesia Hari Disabilitas Internasional dimaknai sebagai bentuk pengakuan terhadap disabilitas, peneguhan komitmen seluruh bangsa, dan membangun kepedulian guna mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan disabilitas.

Dalam rapat itu diketahui bahwa Ketua Panitia HDI 2019 diamanatkan kepada Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) dan wakil ketua dari Persatuan Orang Tua Anak Disabilitas Indonesia (PORTADIN). Adapun rangkaian acara puncak peringatan HDI 2019 direncanakan pada 28 November hingga 3 Desember 2019 yang mengambil tempat di Jakarta. Sejumlah kegiatan akan dilaksanakan untuk memeriahkan HDI 2019 antara lain gala ginner, car free Day, media visit, dan puncak acara HDI 2019. 

Tema Hari Disabilitas Internasional tahun ini adalah "Indonesia Inklusi Disabilitas Unggul.”!Direncanakan HDI 2019 akan dihadiri 3000 orang. Sebagai tindak lanjut dari rapat, Kemenko PMK akan mengirimkan surat edaran kepada seluruh K/L dan Pemda untuk memeriahkan HDI 2019.

Kontributor Foto:
Reporter: