Kemenko PMK Lakukan Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Kepulangan WNI PMI/ABK 

Jakarta (8/12) -- Pada April 2020 ratusan ribu lebih Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di luar negeri dipulangkan sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19. Mereka yang dipulangkan terdiri dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di negeri jiran Malaysia, dan WNI yang menjadi Anak Buah Kapal (WNI ABK) dari beberapa perusahaan kapal pesiar berbagai negara.

Dalam rangka antisipasi dan perlindungan atas kepulangan para WNI itu, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) telah membentuk Tim Koordinasi Kepulangan/Pemulangan WNI pada Masa Pandemi Covid-19. 

Tim tersebut dibentuk berdasarkan Keputusan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan No.13 tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Pemulangan Warga Negara Indonesia (Pekerja Migran Indonesia dan Anak Buah Kapal) pada masa pandemi Covid-19 di Lingkungan Kemenko PMK TA 2020.

Tim tersebut diketuai oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan Berkelanjutan Ghafur Akbar Dharmaputra dan beranggotakan para pegawai dari Kemenko PMK. 

Tim bertugas untuk menghimpun data dan informasi, perbaharu data, memantau data, membuat laporan soal kepulangan WNI dan pelaporan di bandara, pelabuhan, Pos Lintas Batas Negara (PBLN). Selain itu, tim yang dibentuk juga melakukan koordinasi sinkronisasi dan pengendalian dalam rangka penyusunan kebijakan perlindungan PMI dan WNI perempuan dan anak.

Di akhir tahun, sebagai langkah akhir penyelesaian tugas antisipasi dan perlindungan kepulangan WNI dibuat laporan pelaksanaan tugas sebagai bentuk pertanggung jawaban. Laporan berisikan pelaksanaan tugas koordinasi kepulangan PMI, ABK, dan pemantauan berita media, sampai pelaksanaan koordinasi sinkronisasi dan pengendalian.

Ketua Tim Koordinasi Pemulangan Warga Negara Indonesia PMI dan ABK Ghafur Akbar Dharmaputra menyampaikan, beberapa poin aspek isi masih perlu disempurnakan sebelum dilaporkan ke pimpinan. 

Dia pun mengapresiasi seluruh kerja keras bersama seluruh tim. Hal itu disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Tim Kepulangan PMI ABK Pada Masa Pandemi Covid-19, pada Selasa (8/12)

"Saya mengucapkan terima kasih kepada tim telah menyelesaikan laporan ini, tentunya sekali lagi ini merupakan kerja bersama. Jadi benar-benar bisa mencerminkan kinerja dari tim," tukas Ghafur.

Sebagai informasi, rapat koordinasi dipimpin oleh Asisten Deputi Pemenuhan Hak, Perlindungan, dan Pemberdayaan Perempuan Roos Diana Iskandar, serta diikuti oleh seluruh jajaran anggota tim. (*)

Reporter: