Kemenko PMK Pastikan Program Pengembangan ESport dan Industri Gaming Berjalan Baik 

Jakarta (3/09) -- Tak dapat dipungkiri perkembangan olahraga elektronik atau bahasa lainnya eSport di Indonesia dari tahun ke tahun makin pesat. Esport dengan berbasis permainan daring (game online) terus berkembang. Ini dikarenakan semakin hari, semakin banyak orang yang menggemari game online. Bahkan, tak sedikit yang mendalami sebuah game dan mengembangkan teknik-teknik sehingga bisa mengikuti pertandingan.

Kini, pemerintah telah menyediakan wadah bagi para atlet eSport untuk semakin mengembangkan dirinya agar bisa membawa prestasi. Untuk memastikan program pengembangan eSport dan industri gaming berjalan baik, Kemenko PMK menggelar Rakornis Pemenuhan Janji Presiden "Mengembangkan ESport dan Industri Gaming Untuk Menjadi Salah Satu Modal Bangsa". 

Dalam pembukaannya, Asisten Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Gatot Hendrarto mengatakan Presiden menaruh perhatian yang serius terhadap pengembangan eSport dan industri gaming. Presiden mengatakan bahwa nilai ekonomi di bidang ekonomi digital bertumbuh sangat pesat. Menurut data Kantor Staf Presiden, pada 2017 perputaran ekonomi mencapai 11 sampai 12 triliun rupiah dengan pertumbuhan pertahun 25 sampai 30 persen.

"Presiden berpesan agar disiapkan regulasi-regulasi yang baik agar pemain-pemain eSport di Indonesia dapat berlatih dan bertanding sehingga bisa berkompetisi dan berprestasi di kancah dunia." kata Gatot dalam Rakornis pada Kamis (3/9).

Gatot menambahkan, Kemenko PMK dalam peran koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian menjadi koordinator bersama Kantor Staf Presiden dalam memastikan pengembangan eSport dan industri gaming berjalan baik. 

Sementara itu, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti mengatakan bahwa Kemenpora telah rutin menggelar kompetisi eSport sebagai wadah meningkatkan prestasi atlet. Teranyar, kata Chandra, Kemenpora telah menggelar Menpora Cup. 

Seperti diketahui rangkaian event Esports terbesar se-Indonesia Freefire Pelajar Road to Menpora Virtual Esports yang sudah berjalan sejak 15 Juni lalu dan melibatkan 3000 tim dari 15.000 peserta pelajar dari seluruh Indonesia, yang telah berlangsung hingga 16 Agustus 2020 kemarin secara virtual. 

Dalam sesi diskusi telah diindetifikasi beberapa program dari K/L dalam mendukung pengembangan E Sport dan Industri Gaming . Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif misalnya telah melakukan Pembinaan Industri Gaming, Fasilitasi Game Developer, dan Perluasan Pasar Lokal maupun Luar Negeri.

Kontributor Foto:
Editor :
Reporter: