Komitmen Pemerintah Perkuat Upaya Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak  

Jakarta (8/9) -- Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Dody Usodo HGS memimpin Rapat Koordinasi Pembahasan Rencana Aksi Nasional Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial (RAN P3AKS) Tahun 2020-2024.

Dody menerangkan, rapat koordinasi dimaksudkan untuk membahas RAN P3AKS 2020-2024 sebagai bentuk implementasi Permenko PMK Nomor 2 Tahun 2019 tentang Kelompok Kerja Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial (Pokja P3AKS).

"Adanya Rencana Aksi Nasional ini diharapkan menjadi bukti kehadiran negara dalam memberikan upaya perlindungan dan pemberdayaan perempuan dan anak dalam konteks konflik sosial," terang Dody dalam rapay yang diadakan di Hotel Ibis Style, Jakarta Pusat, pada Selasa (8/9).

Rapat koordinasi diikuti oleh Perwakilan dari Kemenko Polhukam, KPPPA, Kemensos, Kemendes PDTT, Kemenag, KemenkopUKM, Kemendikbud, Kemenkes, Polri, Komnas Perempuan, AMAN Indonesia, Wahid Foundation. 

Dalam kesempatan itu, Tenaga Ahli P3AKS Abdul Charis menerangkan, RAN P3AKS menyediakan instrumen kebijakan untuk meminimalisasi terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak, khususnya di wilayah rawan konflik.

Dody Usodo mengharapkan Kementerian/Lembaga dapat memperkaya RAN P3AKS Tahun 2020-2024 dengan program/kegiatan sesuai dengan perspektif dan tusinya masing-masing berdasarkan 3 (tiga) pilar P3AKS, yaitu Bidang Pencegahan, Bidang Penanganan, dan Bidang Pemberdayaaan dan Partisipasi. Selain itu, pemikiran dan aspirasi dari lembaga negara non kementerian dan masyarakat sipil pun juga diakomodasi dalam penyempurnaan RAN P3AKS. 

"Dengan adanya partisipasi aktif Kementerian/Lembaga dan masyarakat sipil, diharapkan RAN P3AKS ini nantinya dapat diimplementasikan secara efektif sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas," pungkas Dody.

Dody Usodo juga mengapresiasi The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia yang telah melakukan “Konsultasi Digital Nasional Review RAN P3AKS” yang menghadirkan banyak pihak yang kompeten dan para aktivis di lapangan. Konsultasi Digital tersebut dilaksanakan pada 26 Juli – 31 Agustus 2020 dengan hasil berupa rekomendasi isu/kebijakan terkait P3AKS yang berguna dalam penyempurnaan RAN P3AKS 2020-2024. (*)

Kontributor Foto:
Editor :
Reporter: