Menko PMK Hadiri Pengukuhan Guru Besar UIN Prof Abdul Mu’ti

Jakarta (2/9) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menghadiri  pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kepada Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti.

Muhadjir yang juga Ketua PP Muhammadiyah Bidang Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan mengaku memiliki hubungan baik dengan Abdul Mu’ti. Dia mengaku telah menjalin hubungan baik dengan Abdul Mu’ti di ranah Perserikatan Muhammadiyah serta di ranah pemerintahan.
 
"Ketika saya jadi Mendikbud beliau kan juga menjadi ketua BAN (Badan Akreditasi Nasional) untuk sekolah dan madrasah  kemudian ketua BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Jadi tidak hanya dalam kaitannya dengan konteks kerja sama di perserikatan, konteks pemerintahan juga saya banyak dibantu beliau," ungkap dia usai mengikuti prosesi pengukuhan guru besar di Auditorium UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu (2/9).

Muhadjir memuji kualitas keilmuan yang dimiliki Abdul Mu’ti. Menurut dia, kualitas keilmuan Abdul Mu’ti sudah tak diragukan lagi tingkat profesornya. Baik dalam bidang ilmu pendidikan islam maupun ilmu dengan cakupan luas lainnya menurutnya sudah sangat mumpuni. 

"Potongan profesornya sudah lama dia dapat, hari ini (pengukuhan-red) jahitannya saja," cetus mantan Mendikbud ini.

"Saya ucapkan selamat untuk Pak Mu'ti. Mudah-mudahan dengan capaian guru besar yang formal ini beliau lebih istqomah, bisa lebih fokus menggeluti keahliannya sebagai profesor di bidang pendidikan islam," pungkas Muhadjir. 

Kontributor Foto:
Reporter: