Pemerintah Siapkan Penyaluran Bansos Tambahan Bagi Lansia

Jakarta (23/4) -- Pandemi Covid-19 masih menjadi persoalan serius yang dihadapi Pemerintah Indonesia. Pasalnya, hampir seluruh masyarakat mengalami dampak akibat penyebaran virus yang bermula dari Cina tersebut.

Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Ade Rustama menyebutkan bahwa anak-anak, lanjut usia (lansia), dan penyandang disabilitas merupakan kelompok paling rentan terdampak Covid-19.

"Sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah, sampai saat ini bantuan sosial (bansos) kepada lansia sebanyak 5.200 paket sudah didistribusikan ke Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di Jabodetabek. Rencana untuk bantuan ke luar Jabodetabek berjumlah 153.625 paket," ujarnya saat memimpin Rapat Koordinasi Bansos Bagi Lansia dalam Situasi Pandemi Covid-19 melalui telekonferensi, Kamis (23/4).

Lebih lanjut, 399 kabupaten/kota sudah melaporkan data usulan penerima bansos bagi lansia di daerahnya. Sementara itu masih ada 115 kabupaten/kota yang belum mengiformasikan jumlah lansia yang nantinya akan mendapatkan bansos terdampak Covid-19.

"Sesuai arahan Mensos agar dapat perhatian khusus sehingga secepatnya kita lakukan komunikasi dengan pemda. Kita siapkan untuk video conference dalam rangka mensinergikan kembali data-data yang diperlukan," ungkap Ade.

Ia pun menegaskan pentingnya peran aktif pemerintah daerah, terutama dalam menyuplai data sehingga penyaluran bansos bagi lansia terdampak Covid-19 dapat berjalan optimal, tepat sasaran, efekfif, dan efisien.

Hal itu disepakati seluruh peserta rapat yang hadir. Diantaranya, Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos, Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kemendes PDTT, Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes, Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora, Asdep Perlindungan Hak Perempuan dalam Situasi Darurat dan Kondisi Khusus KPPPA, Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus Kemendikbud, Direktur Bina Ketahanan Keluarga Lanjut Usia dan Rentan BKKBN, Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial Bappenas, Sekertaris Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, Kepala Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan Kemenhub, Direktur Informasi Dan Komunikasi Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Kominfo, serta Deputi V Bidang Kajian Politik dan Pengelolaan Isu-isu Hukum, Pertahanan, Keamanan, dan HAM Kantor Staf Presiden.

Kontributor Foto:
Reporter: