Peran Pemuda Masjid Perlu Ditingkatkan

Jakarta (4/11) – Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim atau sekitar 87% beragama islam tentu bisa menjadi sebuah kekuatan. Namun hal itu harus benar-benar dikawal sehingga cita-cita bersama untuk menciptakan negara yang adil, makmur, dan sejahtera akan dapat terwujud.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa peranan anak muda, dalam hal ini pemuda masjid, sangat diperlukan terutama dalam menggerakkan upaya menuju cita-cita bangsa tersebut.

“Saya kira banyak langkah yang sudah kita lakukan, bagaimana memerankan pemuda masjid secara terpadu dan simultan. Yang penting adalah isinya bukan kemasannya, apapun istilahnya, generasi milenial, yang pasti anak muda harus memiliki peran termasuk peranan pemuda masjid perlu ditingkatkan ke depan,” ujarnya saat menjadi narasumber Webinar Nasional Milenial yang digelar Pengurus Masjid Istiqlal, Rabu (4/11).

Anak muda di lingkungan masjid utamanya harus diberi wawasan yang cukup, pemahaman yang cukup, agar bisa melanjutkan dan memelihara bahkan menjadi pelopor dalam menjaga kesatuan umat. Menurut Muhadjir, lewat peran pemuda, umat islam akan bisa berkontribusi besar terhadap kepentingan bangsa.

Tentu saja, terkait dengan jiwa patriotisme yang juga harus dimiliki oleh pemuda masjid. Menko PMK menegaskan hal itu merupakan tanggung jawab semua pihak, tidak hanya pemerintah ataupun para aktivis masjid tetapi juga seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali.

“Kita tahu walaupun Indonesia ini mayoritas muslim, tapi secara spasial bisa saja islam menjadi minoritas di daerah tertentu. Sehingga perlu dipahami mengenai kebhinekaan, bahwa bhineka bukan semata tentang keragaman tetapi sebagai salah satu rem perekat untuk membangun kesatuan, membangun mozaik yang harmonis untuk Indonesia,” tandas Muhadjir.

Pada kesempatan tersebut, ia pun mengingatkan seluruh generasi muda untuk tidak mudah terpengaruh dengan berbagai informasi terutama dari media sosial. Itu sebabnya para pemuda harus memiliki sikap bela negara serta terus memperkuat rasa cinta terhadap Tanah Air.

Reporter: