Percepatan RB, Kemenko PMK Rancang Permenko Tentang Kode Etik

Tangerang Selatan (21/2) -- Dalam rangka percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) di lingkungan Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Setmenko PMK), maka dilakukan rapat dengan unsur pejabat Setmenko PMK.

Agenda yang dibahas adalah terkait pelaksanaan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi(PMPRB) Setmenko PMK; Pembahasan rancangan Permenko PMK tentang nilai dasar, kode etik, dan perilaku pegawai Kemenko PMK; dan pembahasan rancangan Permenko PMK tentang PLT dan PLH.

Kepala Biro Perencanaan Kemenko PMK Yohan menjelaskan, pelaksanaan PMPRB perlu dilakukan oleh pejabat di lingkungan Kemenko PMK dengan mengisi Lembar Kerja Evaluasi (LKE). Pembahasan PMPRB berfungsi untuk mempercepat reformasi birokrasi dan zona integritas.

"LKE ini fungsinya adalah untuk usulan juga terkait dengan zona integritas terkait wilayah birokrasi bersih dan baik," kata Yohan dalam rapat di Grand Zuri Hotel, BSD Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (21/2).

Terkait pembahasan kode etik dan perilaku, Kepala Biro Umum Kemenko PMK Indah Suwarni mengatakan kode perilaku sangat
penting untuk segera diwujudkan karena berkaitan dengan sistem merit (kebijakan manajemen ASN).

Diketahui saat ini Kemenko PMK masih menggunakan tata aturan kode etik dari Permenko Kesra. Saat ini, kata Indah, telah dirancang draft terbaru pembahasan kode etik untuk Permenko PMK yang akan segera diterapkan.

"Perancangan Permenko PMK tentang kode etik sangat diperlukan dan berkaitan sengan sistem merit Kemenko PMK," kata Indah.

Beberapa kesepakatan dalam rapat ini masih akan dibahas lebih lanjut. Hasil kesepakatan yang terpenuhi pada rapat ini adalah terkait nilai-nilai dasar yang akan diterapkan dalam Permenko PMK tentang kode etik yakni nilai dasar integritas, etos kerja, dan gotong royong.

Untuk diketahui, para pejabat yang hadir dalam rapat yang berlangsung hingga Jumat (21/2) diantaranya Inspektur Kemenko PMK Gunarso, Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Yohan, Plt Kepala Biro Hukum, Informasi, dan Persidangan Sorni Paskah Daeli, Kepala Biro Umum Indah Suwarni, Inspektur Kemenko PMK Gunarso Djoko Santoso, serta para Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian di lingkungan Setmenko PMK.