PNS Menentukan Keberhasilan Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan

Jakarta (3/5) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyelenggarakan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) angkatan Tahun 2021. Sebanyak 67 orang CPNS mengikuti kegiatan latsar. Kegiatan ini dilaksanakan dari 3 Mei sampai 17 Sseptember 2021 dan wajib diikuti oleh seluruh CPNS karena merupakan persyaratan utama untuk dapat diangkat menjadi PNS. 

 

Latsar CPNS adalah pendidikan dan pelatihan secara terintegrasi dalam masa prajabatan untuk penguatan kompetensi teknis bidang. Selain itu, Latsar CPNS dilakukan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab.

 

Kepala Biro Umum dan Sumber Daya Manusia Kemenko PMK Indah Suwarni menjelaskan, tujuan utama pelaksanaan pelatihan prajabatan ini adalah untuk menyamakan visi dan pola fikir para CPNS supaya dapat menjalankan tugas kepemerintahan dengan baik, menciptakan ASN yang profesional dan berkarakter, beretika serta memiliki wawasan kebangsaan.

 

"Sehingga nantinya diharapkan dapat mengabdi dengan baik di lingkungan Kemenko PMK. Karena PNS sebagai unsur utama sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peranan yang cukup penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan," ujar Indah saat mewakili Sekretaris Kemenko PMK Y.B Satya Sananugraha saat membuka proses Latsar CPNS 2021, di Aula Heritage Kantor Kemenko PMK, pada Senin (3/5).

 

Lebih lanjut, Indah Suwarni mengatakan, pelaksanaan pelatihan dasar tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena situasi pandemi Covid-19.

 

"Situasi ini menuntut kita semua untuk melakukan adaptasi dalam berbagai kegiatan kita sesuai protokol kesehatan, yakni selalu menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak minimal 1 meter, dan mencuci tangan menggunakan sabun," tuturnya.

 

Indah berharap, situasi pandemi tidak menyurutkan semangat para CPNS. Justru tantangan ini menurutnya harus menjadi lompatan menghasilkan karya, dan inovasi baru.

 

"Saya yakin bahwa tantangan pandemi Covid-19 tidak menghalangi kita untuk beraktivitas, namun akan melahirkan kreatifitas dan inovasi baru. Oleh sebab itu, saya mengajak kita semua untuk tidak kendur dalam bekerja dan memberikan pelayanan yang terbaik," pungkasnya. (*)

Kontributor Foto:
Reporter: