Kampanye Sosial Peduli Lansia Tetap Dilaksanakan

Jakarta (8/5) -- Situasi pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang untuk peduli terhadap kaum lanjut usia (lansia). Menjelang Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei, pemerintah tahun ini tetap menggalakkan kampanye sosial dengan mekanisme yang disesuaikan.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama kementerian/lembaga di bawah lingkup koordinasinya telah sepakat dan berkomitmen akan menjalankan kampanye sosial sesuai tugas, pokok, dan fungsi masing-masing.

Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia Kemenko PMK Ade Rustama menegaskan bahwa kampanye sosial akan tetap dilaksanakan dengan penyesuaian mekanisme dan dinamika yang ada saat ini.

"Rangkaian kampanye sosial lansia dalam rangkaian kegiatan HLUN akan dilaksanakan pada Bulan Lanjut Usia antara bulan Juli sampai dengan Desember 2020," ujarnya saat memimpin Rapat Koordinasi Sinkronisasi K/L dalam Kampanye Sosial Lansia dalam Rangkaian Kegiatan HLUN 2020 melalui video conference, Jumat (8/5).

Sementara untuk peringatan HLUN 2020, Kemensos mengusulkan agar dilaksanakan secara virtual melalui pidato Mensos terkait covid yang ditayangkan melalui media elektronik dan cetak dengan catatan tidak mengumpulkan massa.

"Untuk tema sudah terupdate dari Kemensos, namun belum disepakati secara bulat dengan representasi k/l yang lebih lengkap dalam rapat virtual Kemensos," jelas Ade.

Kendati demikian, pelaksanaan kampanye sosial dalam rangkaian peringatan HLUN 2020 diharapkan bisa dilakukan oleh semua masyarakat di Indonesia sehingga memberikan manfaat bagi para lansia, keluarga, dan masyarakat.

Kontributor Foto: