Menko PMK: PON XX Ajang Promosi Pariwisata Papua

KEMENKO PMK -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau arena dayung PON XX yang berada di Teluk Youtefa - Pantai Holltekamp Kota Jayapura, Papua, Sabtu (2/10). 

 

Menko PMK juga sekaligus menyaksikan pertandingan penyisihan mata lomba dayung nomor kano slalom. Beberapa tim mengikuti babapk penyisihan itu, di antaranya Provinsi Papua, Sumbar, Sumsel, dan Jabar.

 

Dalam kesempatan itu, Menko Muhadjir menerangkan, arena olahraga yang disediakan oleh pemerintah pusat ini bertujuan agar pembinaan atlet-atlet dayung nasional dapat tersalurkan dengan baik. 

 

"Dan juga agar para atlet dapat meraih prestasi, memelihara prestasi yang telah diraih di tingkat nasional," ucapnya.

 

Dia berharap, dengan adanya arena dayung ini, talenta-talenta atlet dayung terbaik bisa lahir di Papua. "Kemudian akan semakin banyak talenta-talenta muda cabang dayung ini bisa berlatih di tempat ini," harapnya

 

Selain itu, Menko PMK mengaku senang dengan kehadiran arena olahraga dayung di Provinsi Papua ini. Dia pun takjub dengan keindahan pemandangan yang ada di arena dayung di Teluk Youtefa. 

 

Muhadjir mengatakan, fasilitas-fasilitas yang ada di arena olahraga dayung ini sudah berstandar internasional. Karena itu, menurutnya arena olahraga dayung ini bisa dipromosikan untuk digunakan dalam perhelatan internasional, dan sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata Papua.

 

"Itu yang penting karena sangat bagus untuk mempromosikan wilayah Papua ini. Dan juga untuk memberikan kesempatan kepada dunia bahwa kita punya fasilitas-fasilitas yang sudah standar berstandar internasional termasuk venue dayung ini," jelasnya.

 

Menko PMK juga mengapresiasi antusiasme warga yang menyaksikan pertandingan olahraga dayung PON XX Papua. 

 

"Antusias luar biasa. Terutama untuk cabang-cabang tertentu, saya lihat untuk dayung juga banyak peminatnya, antusiasme masyarakat di sini sangat tinggi," ujarnya

 

Muhadjir mengatakan, selain menjadi ajang meraih prestasi, PON juga menjadi ajang hiburan untuk masyarakat. Namun, dia mengingatkan agar penerapan protokol kesehatan tetap di jaga, mengingat pandemi Covid-19 yang belum usai.

 

"Karena itu marilah kita menggunakan berbagai macam event, termasuk olahraga dayung ini untuk menggembirakan masyarakat," tuturnya.

 

Usai menyaksikan pertandingan dayung, Menko PMK mampir ke Kampung Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura untuk membagikan sebanyak 44 paket bansos dari gerakan Kemenko PMK Peduli kepada masyarakat. (*) 

Kontributor Foto:
Reporter: